Tasundan, Produk Pangan Antioksidan Unsoed

BanyumasNews.com –  Pameran terbesar inovasi industri peternakan, pakan dan perikanan yang dirangkum dalam INDOLIVESTOCK Expo & Forum telah dilaksanakan tanggal 4-6 Juli 2018 lalu bertempat di Jakarta Convention Center. Agenda yang telah dilaksanakan sejak tahun 2005 tersebut mendatangkan lebih dari 500 pameran teknologi dan produk dari 40 negara yang mengisi bagian gedung JCC.

Di antaranya menampilkan produk dan teknologi terbaru yang menjadi ciri khas perusahaan dari instansi yang turut hadir memeriahkan, seperti Charoen Pokhpand, Big Dutchman, Alltech, Vencomatic Group, dan ratusan perusahaan lainnya.

Selain stand perusahaan, media peternakan, dan instansi pemerintahan, beberapa universitas juga terlibat dalam memeriahkan acara akbar ini, seperti Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada, Fakultas Peternakan dan Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran, dan Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro.

Sebagai universitas negeri yang ternama dan menjunjung kearifan lokal, Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), melalui Fakultas Peternakan memperkenalkan produk olahan tradisional dan bercita rasa tinggi, dengan proses diversifikasi produk yang berasal dari kelompok tani ternak dan kelompok mahasiswa yang dibina, seperti produk telur asin asap, telur asin bakar, telur asin goreng, telur ayam kampung omega 3, abon ayam, dan tahu susu antioksidan (TASUNDAN).

Meskipun beberapa produk tersebut sudah banyak dipasarkan dan tak lazim di kalangan masyarakat Indonesia, namun pada saat pameran berlangsung banyak pengunjung yang antusias pada produk yang dijajakan tim Fakultas Peternakan Unsoed, salah satunya adalah Tahu Susu Antioksidan (TASUNDAN).

Tahu Susu Antioksidan (TASUNDAN) adalah produk pangan karya mahasiswa Fakultas Peternakan Unsoed yang tergabung dalam Program Kreatifitas  Mahasiswa (PKM-K).

Produk pangan tersebut pertama kali dijual pada agenda INDOLIVESTOCK Expo & Forum, karena pada tahun sebelumnya produk mahasiswa yang ditampilkan  berupa sabun dan balsem. Tahu Susu Antioksidan (TASUNDAN) merupakan produk olahan berbahan dasar susu sapi yang diolah hingga menyerupai tahu pada umumnya dan ditambahkan ekstrak kulit manggis (Garcinia mangostana) yang kaya akan Antioksidan.

Melihat antusiasme pengunjung untuk sekadar melihat, bertanya hingga membeli produk Tahu Susu Antioksidan (TASUNDAN), tim PKM-K Fakultas Peternakan tersebut lebih semangat untuk mengembangkan produk dan mengepakkan sayap lebih lebar dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas produk.

Menurut Mahasiswa Program S1 Fakultas Peternakan Unsoed, Sri Maulidini, banyak pengunjung yang tertarik dengan produk olahan yang ditampilkan oleh Fakultas Peternakan Unsoed. “Tidak hanya pengunjung yang berasal dari alumni, namun pengunjung dari luar kota bahkan dari mancanegara”, ujarnya.

Lebih lanjut Sri Maulidini mengatakan, keunikan produk olahan Indonesia telah ditampilkan oleh stand Fakultas PeternakanUnsoed, menjadikan stand Fakultas Peternakan Unsoed selalu dinanti dan dikunjungi banyak pengunjung domestik maupun mancanegara. (BNC/Ae)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.