Limbah Keripik Jagung Bisa Jadi Kertas

BanyumasNews.com – Peserta Pekan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) di Purbalingga,  selain melakukan penelitian pada proses pengeringan produksi keripik jagung, juga meneliti limbah dari keripik jagung yang dihasilkan untuk dimanfaatkan sebagai bahan kertas.

Selama ini, limbah keripik jagung yang berupa pripilan ketika difilter  hanya digunakan sebagai pakan ternak yang dijual dengan harga yang masih sangat murah.

“Salah satu tim coba menjajaki bagaimana limbahnya ini bisa dimanfaatkan nanti sebagai pembuatan kertas artinya mempunyai nilai ekonomi baru untuk mengatasi lingkungan,” terang Ahmad, Selasa (10/7/2018).

Sedangkan pada kegiatan perikanan peserta akan mencari pengolahan air dengan pembuatan semacam filter air. Sehingga air yang masuk dari luar kolam dan air yang keluar dari kolam menuju sungai atau areal persawahan kualitasnya menjadi lebih baik.

“Jadi kualitas air yang digunakan untuk perikanan dan limbah yang dihasilkan kualitasnya baik dan dapat digunakan untuk hal yang lain sehingga mampu mengatasi permasalahan lingkungan,” pungkas Ahmad. (BNC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.