Purbalingga Siap Realisasikan Smart City

BanyumasNews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga telah menandatangani nota kesepahaman dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk  terkait implementasi layanan total solusi smart city. Hal ini menunjukan komitmen agar Purbalingga bisa menjadi salah satu Kabupaten smart city.

“Artinya sudah ada goodwill dari pemerintah agar bagaimana pemerintah daerah ini bisa lebih baik utamanya kaitannya dengan smart city,” kata Plt. Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat melaksanakan apel pagi di Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga, Kamis (28/6/2018).

Untuk mencapai smart city, ia menyampaikan Dinkominfo Purbalingga harus membuat master plan atau grand design. Tiwi telah menyetujui anggaran perubahan yang diajukan oleh Dinkominfo Purbalingga untuk pembuatan master plan.

“Jadi, di master plan itu saya ingin ada grand design, artinya tahun pertama kita melakukan apa, tahun kedua, ketiga dan seterusnya kita melakukan apa, agar tergambar di dalam grand design itu,” jelasnya.

Untuk mengimplementasikan smart city tersebut, menurut Tiwi tidaklah mudah karena anggaran yang lumayan besar. Setelah melakukan studi banding ke Kota Bandung, anggaran yang diperlukan oleh Pemkot Bandung mencapai Rp 30 M.  Hal ini menjadi PR bagi Pemkab Purbalingga untuk mewujudkan Purbalingga sebagai salah s atu kabupaten smart city. (BNC/PI)

Foto: Plt Bupati Purbalingga Tiwi dalam apel di Dinkominfo

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.