Tingkatkan Mutu Pendidikan, UMP Terjunkan Dosen ke Sekolah

BanyumasNews.com – Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bersiap untuk melaksanakan Program Penugasan Dosen di Sekolah (PDS) dengan mengadakan sosialisasi dan koordinasi program penugasan dosen di sekolah, Selasa (26/6/2018).

Acara digelar di Ruang Sidang FKIP, Gedung E, Kampus 1 UMP. Kegiatan sosialisasi dan koordinasi ini diikuti 27 guru mitra PDS se-Kabupaten Banyumas.

Acara dibuka langsung oleh rektor UMP Dr. Syamsuhadi Irsyad. Dalam sambutannya, rektor mengungkapkan pentingnya peningkatan mutu pendidikan di daerah baik dari tingkat dasar maupun tingkat menengah, khususnya di Kabupaten Banyumas.

“Di era saat ini meningkatkan mutu pendidikan merupakan suatu keharusan guna meningkatkan mutu SDM yang baik, FKIP sebagai suatu lembaga pencetak tenaga pengajar di wilayah Kabupaten Banyumas, perlu kita dukung dengan semangat kerjasama dan komunikasi serta koordinasi yang baik untuk mencapai tujuan yang dikehendaki,” ujarnya.

Rektor mengatakan, penugasan dosen di sekolah atau disingkat PDS merupakan kebijakan yang menguntungkan baik bagi UMP maupun bagi sekolah mitra. Menurutnya program PDS membutuhkan komitmen dosen untuk mengalami dan menjadi guru di sekolah mitra.

“Kegiatan sosialisasi dan workshop pada hari ini merupakan kegiatan yang sangat penting. Program Penugasan Dosen di sekolah harus bisa dipahami bersama baik para dosen yang akan ditugaskan dan sekolah yang akan menjadi mitra tempat penugasan dosen di sekolah,” tandasnya.

Dijelaskan, menjadi guru di sekolah bagi seorang dosen adalah hal baru. Dosen perlu menyesuaikan dengan berbagai hal yang biasa berlaku di sekolah. Penugasan dosen di sekolah juga mengandung permasalahan baru bagi sekolah, yaitu apakah dosen yang bertugas dapat menyesuaikan dengan lingkungan yang sangat berbeda dengan tempat tugasnya di perguruan tinggi.

“Penugasan Dosen di Sekolah adalah bagian tak terpisahkan dalam upaya mengalirkan kualitas pendidikan di segala lini. Perkembangan yang pesat dalam hal teori pembelajaran yang dikaji di perguruan tinggi perlu disebarluaskan melalui program penugasan dosen di sekolah,” ungkapnya. (bnc/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.