Real Count Pilkada Ditargetkan Selesai Hari H Pukul 24.00 Wib

BanyumasNews.com – Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purbalingga melakukan proses penghitungan suara menggunakan sistem real count atau sistem hitung dengan data 100 persen dari semua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Hal ini ditegaskan oleh Ketua KPU Kabupaten Purbalingga, Sri Wahyuni saat ditemui di kantornya, Senin (25/6/2018 lalu.

“Jadi nanti penghitungannya, KPPS langsung ke KPU dan di KPU langsung dientri kemudian di upload ke KPU RI,” kata Sri Wahyuni.

Dengan proses penghitungan real count, masyarakat dapat langsung mengetahui hasilnya di laman http://www.kpu.go.id/. Dengan sistem real count ini, penghitungan suara ditargetkan selesai pada pukul 24.00 wib.

“Jadi nanti prosesnya ada entry dan ada juga scan, surat-surat yang discan nantinya langsung dikirim ke KPU RI, masyarakat tinggal nonton saja di http://www.kpu.go.id/,” ujarnya.

KPU Purbalingga juga akan menayangkan secara langsung proses penghitungan suara di halaman KPU Kabupaten Purbalingga sehingga masyarakat dapat melihat secara langsung proses penghitungan. Penghitungan surat suara nantinya dilakukan dengan dua cara yakni laporan langsung dari KPPS ke KPU Purbalingga dan penghitungan berjenjang.

“Dengan penghitungan seperti ini ditargetkan semua terkejar tepat waktu,” tegas Sri Wahyuni.

Ia menjelaskan pada cara penghitungan yang pertama KPPS langsung mendatangi KPU Purbalingga dan melaporkan hasil pemungutan suara. KPU Purbalingga sendiri telah menyiapkan operator yang akan menginput hasil perolehan suara.

”Selesai penghitungan langsung laporan ke KPU nanti langsung kita mipil input, kita juga sudah siapkan operator,” terangnya.

Untuk proses penghitungan yang lainnya nanti akan dilakukan secara berjenjang dari KPPS ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). Selanjutnya dari PPS ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan dari PPK baru ke KPU Purbalingga.

Lain hal, Sri Wahyuni menghimbau kepada masyarakat agar turut mensukseskan dan berpartisipasi pada Pilgub Jawa Tengah 2018. Para pemilih juga harus membawa Surat Panggilan atau Undangan serta KTP Elektronik atau Surat Keterangan.

“Untuk batas waktu pemilihan sampai jam satu siang dengan membawa undangan dan KTP Elektronik atau Suket,” pesan Sri Wahyuni. (BNC/PI-7)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.