Dinkes Purbalingga Buka 6 Posko Kesehatan Mudik

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Purbalingga membuka 6 posko kesehatan mudik Kristan 2018. Antara lain Posko Bayeman, Posko Jompo, Posko Ngebrak, Posko Terminal Purbalingga, Posko Alun-alun dan Posko Kantor Dinas Kesehatan. Keenam posko kesehatan diharapkan dapat membantu pemudik untuk memperlancar perjalananya.

Kasi Surveilans dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Purbalingga, Ediyono mengatakan pendirian posko kesehatan dimulai H-8 sampai H+8 yakni sejak 7 Juni sampai 24 Juni 2018. Mulai dari kemarin Dinkes sudah ada kegiatan pemasang tenda di 6 posko. Kemudian juga perisapan obat-obatan untuk penyakit ringan, tensi meter dan obat luka ringan.

“Kita sudah kita jadwalkan piket dimasing-masing posko dari petugas Puskesmas. Petugas akan bertugas selama 24 jam dengan sistem sift. Sift pertama mulai dari pukul 07.00 sampai pukul 16.00 Kemudian sift kedua pukul 15.00 sampai pukul 24.00 serta sift ke tiga pukul 23.00  sampai 08.00,” ujarnya saat talk show di Radio Gema Soedirman, Rabu (6/6/2018).

Setiap sift petugas yang piket, lanjut Edi, ada 4 petugas yakni 1 orang dokter, 2 orang perawat, 1 orang driver. Kemudian juga disiapkan 1 unit ambulan dari masing-masing Puskesmas yang dijadwalkan bertugas saat itu. Ditambah 5 rumah sakit rujukan yakni RSU Goeteng Taroenadibrata, RSU PKU Muhammadiyah Bobotsari, RS Nirmala, RS Harapan Ibu dan RS Siaga Medika.

“Kami menghimbau agar para pemudik memenuhi aturan-aturan yang ada yang dalam berlalu lintas.  Sebelum melakukan perjalanan penggunaan kendaraan agar cek kesehatan terutama cek tensi. Istirahat yang cukup kalau sudah lelah bisa tidur rest area atau posko mudik yang ada, setelah fresh baru melanjutkan perjalanan lagi,” ujarnya. (BNC/PI-2)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.