Penerimaan Mahasiswa Baru UMP 2018, Ini Gambarannya

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Kualitas calon mahasiswa adalah salah satu faktor penting untuk menghasilkan lulusan yang memenuhi standard kompetensi tinggi dan mampu bersaing di tingkat nasional dan global.

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Tengah bagian barat, tengah mempersiapkan diri meraih Akreditasi A. UMP kini menempati peringkat ke 2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) terbaik di Jawa Tengah, dan peringkat ke 6 di Indonesia.

Rektor UMP Dr.H. Syamsuhadi Irsyad, S.H., M.H. mengatakab UMP secara aktif mengembangkan kerja sama internasional  dengan berbagai perguruan tinggi ternama dunia dalam bidang riset dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Selain itu, UMP saat ini juga memperkuat kerjasama dalam negeri dengan mitra strategis, diantaranya instansi pemerintah daerah, rumah sakit dan industri terkemuka di seluruh Indonesia.

“UMP juga memiliki kualitas tenaga pengajar berkualifikasi S2 dan S3, pegawai profesional, perpustakaan universitas yang lengkap Terkreditasi A, pusat teknologi informasi, jaringan internet 24 jam, pusat bahasa berstandar internasional dan laboratorium pusat unggulan penelitian modern,” jelasnya.

Terkait proses pendaftaran, UMP kembali menghadirkan tiga jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu jalur reguler, minat dan prestasi (online), dan jalur smart. Tahun ini UMP membuka pendaftaran mulai 1 Januari sampai akhir Agustus 2018.

UMP juga menyediakan delapan beasiswa, yaitu beasiswa PPA DIKTI KOPERTIS VI, BIDIKMISI DIKTI, PPA & BBM UMP, Hafidz Al-Quran, beasiswa berprestasi, beasiswa kader Muhammadiyah, fakir miskin dan beasiswa yatim.

Kepala Biro Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Anis Shofiyani, SP., MP., mengatakan tahun ini UMP memiliki beberapa pilihan fakultas. Diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Ekonomi dan Bisnis, Teknik dan Sains, Pertanian.
Lainnya adalah, Fakultas Psikologi, Farmasi, Sastra, Hukum, Ilmu Kesehatan, Kedokteran, Pascasarjana, serta Program Profesi Apoteker, Ners, Dokter, dan Kebidanan.

Untuk Pascasarjana UMP meliputi Program Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, dan Pendidikan Dasar.

“Saat ini UMP telah memiliki 59 laboratorium dengan teknologi modern, 38 keunggulan prodi, 6 riset unggulan penelitian unggulan sebagai bentuk dedikasi atas pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. UMP juga telah melakukan 77 kerjasama dalam negeri, 68 kerja samaluar negeri, dan 49 mahasiswa asing,” ungkapnya.

Dijelaskan, waktu pendaftaran memiliki tiga gelombang, yaitu gelombang satu dilaksanakan mulai Febuari sampai dengan Mei, gelombang dua bulan Juni sampai dengan Juli, dan gelombang tiga dimulai pada bulan Agustus.

“Informasi lebih lanjut bisa dikunjungi http://ump.ac.id atau http://kemahasiswaan.ump.ac.id atau ke Whatsapp Center PPMB UMP di 085800099761,” tutupnya. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.