Gempa Guncang Banjarnegara

GEMPA BUMI GUNCANG BANJARNEGARA DIPICU AKTIFITAS SESAR LOKAL TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

BanyumasNews.com, BANJARNEGARA – Gempa bumi tektonik mengguncang sebagian wilayah Banjarnegara pada Rabu, 18 April 2018, pukul 13:28:35 WIB.

Analisis BMKG menunjukkan gempa bumi tersebut berkekuatan M=4.4 SR dengan pusat gempa di darat pada koordinat 7.21 LS dan 109,65 BT, pada jarak 52 km utara Kebumen pada kedalaman 4 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun Geofisika Yogyakarta,
Dr. I Nyoman Sukanta, S.Si., M.T mengatakan, peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada I Skala Intensitas Gempabumi (SIG) BMKG atau II MMI di wilayah Banjarnegara.

“Menurut laporan yang diterima Stasiun Geofisika Yogyakarta bahwa di daerah tersebut guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang dan hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempa bumi. Jika ditinjau dari lokasi pusat gempanya, gempa bumi tersebut berada di darat yg diakibatkan oleh aktivitas patahan lokal”, kata Nyoman Sukanta dalam siaran pers Rabu (18/4/2018) siang.

Hingga analisa ini dibuat, lanjutnya, tidak tercatat adanya gempa bumi susulan. “Untuk itu kepada masyarakat yang berdomisili di Banjarnegara dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang. Jangan mudah terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan”, himbaunya.

Sekolahan yang rusak akibat gempa

Dari foto-foto yang beredar viral melalui WA,  tampak.  menimpa rumah warga,  sekolah dan masjid. Belum ada laporan resmi korban jiwa akibat gempa bumi tersebut. (BNC/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.