Panwascam Ajibarang Panggil Kades dan Perangkat | Hadiri Konsolidasi Struktural PDIP

BanyumasNews.com, AJIBARANG – Seorang kepala desa dan perangkat desa di Kecamatan Ajibarang, besok Selasa 20 Maret 2018 dipanggil Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Ajibarang. Pemanggilan itu karena kades dan perangkat itu menghadiri konsolidasi struktural PDI Perjuangan untuk pemenangan Cabub-Cawabup Banyumas, Husen-Dewo di RM Selera Rasa Ajibarang, pada Minggu (18/3/2018).

Ketua Panwascam Ajibarang, Amin Nurrokhman, Senin (19/3/2018) mengatakan pemanggilan itu dilakukan setelah pihaknya mendapatkan laporan dari Pengawas Pemilu (Panwaslu) Desa Ajibarang Kulon, Ajbarang Wetan dan Ciberung, tentang kehadiran Kades Karangbawang dan seorang Perangkat Desa Kalibenda, pada konsolidasi struktural PDIP Banyumas.

Menurut Amin, pemanggilan dilakukan untuk mengklarifikasi kehadiran kades dan perangkat itu yang ikut terlibat dan berpakaian partai. “Ini berdasarkan laporan sejumlah PPL kami yang ditugaskan untuk melakukan pengawasan acara konsolidasi itu. Kita memanggil kades dan perangkat itu tentu saja sesuai regulasi dan kapasitas Panwascam,” katanya.

Amin menjelaskan, pihaknya belum bisa menyimpulkan kades dan perangkat itu melanggar atau tidak. Tindakan Panwascam Ajibarang memanggil kades dan perangkat itu baru pada tataran klarifikasi.

Pihaknya juga tidak segan-segan memanggil siapa pun pihak-pihak yang diduga melakukan pelanggaran Pilkada dan Pemilu yang mencederai pesta demokrasi, khususnya di Kecamatan Ajibarang. Tindakan pencegahan pelanggaran Pilkada dan Pemilu, jauh-jauh hari sudah dilakukan Panwascam Ajibarang.

“Kita sudah safari ke sekolah-sekolah, agar para guru PNS dan ASN tidak terlibat politik praktis. Kita juga masuk ke pertermuan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ajibarang. Bahkan acara musik pelajar juga kita masuki untuk mengantisipasi intimidasi terhadap pemilih pemula. Namun yang namanya pelanggaran pasti tetap akan terjadi,” ujar Amin.

Sementara itu Ketua PAC PDIP Aibarang, Jarot Gunadi, kepada wartawan mengatakan Kades Karangbawang dan Perangkat Desa Kalibenda itu sudah menjadi kader PDIP sejak lama.

“Kebetulan sebelum jadi Kades, saudara Budi itu sudah jadi pengurus PDIP. Sebetulnya yang bersangkutan sudah mengajukan penguduran diri, tapi karena dia orang PDIP, ya terpanggil untuk datang,” kata Jarot. (BNC/ist/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.