ESMADU-DELIMA

Logo Esmadu Delima -putih

Selamat ya, moga-moga jadi seperti para alumni pendahulu...
Selamat ya, moga-moga jadi seperti para alumni pendahulu…

Logo Esmadu Delima -putihSama-sama pernah muda, belajar dan bermain bersama (study and fun), dan juga mungkin ada yang mbergajul (nakal yang tidak keterlaluan) bersama di masa remaja SMA, selalu menyisakan kenangan.

Seperti yang terjadi pada alumni SMAN 2 Purwokerto lulusan tahun 1985 (atau yang masuk tahun 1983). Setelah 22 tahun terpisahkan karena meneruskan kuliah, lalu bekerja dan sibuk dengan aktivitas masing-masing, akhirnya bisa dipertemukan kembali dalam ajang penuh kenangan namun memiliki kiprah positif untuk sesama.

Kemajuan teknologi komunikasi dan situs jejaring social mempercepat bertemunya sahabat-sahabat lama yang sudah lebih dari dua dasa warsa terpisahkan. Rasa gembira mengharu biru bercampur baur menjadi satu dengan kenangan masa lalu saat bersekolah. Gayeng, gitu loh. Bahkan mungkin ada kenangan seperti –mengutip lagunya Obie Mesakh yang ngetop saat itu– “Kisah Kasih di Sekolah”….

Siapa nih dapat hadiah 5 miliar...salah satu acara kumpul bareng Angkatan 85.
Siapa nih dapat hadiah 5 miliar…salah satu acara kumpul bareng Esmadu Delima.

Tentu tidak hanya bernostalgia tentang ’kisah kasih’ itu ketika kemudian bertemu. Itu hanya ‘bumbu penyedap’ dalam persahabatan. Pasti ada yang lebih bermakna yang digagas dalam pertemuan. Kondisi ekonomi yang relatif sudah mapan dalam ragam profesi alumni, ditambah rasa kepedulian yang tinggi pada sesama, membangkitkan gairah bersama untuk berbakti.

Maka terbentuklah Paguyuban Esmadu Delima, singkatan dari es em a dua delapan lima. Nama yang enak didengar sekaligus membikin segar (ah, seandainya ada minuman es campur madu dan buah delima…. mmm segerrrr).

Sesegar aktivitas anggota paguyuban ini tentunya. Seabrek aktifitas sudah dilakukan dan segudang lainnya sedang direncanakan. Paguyuban Esmadu Delima sendiri berawal dari reuni di RM Pringgading, 14 Oktober 2007, kemudian berlanjut pada pertemuan-pertemuan di bulan yang sama di Jl. Mardikenyo dan Jl. Dr Angka Purwokerto.

Pengurus dan Program kegiatan

Untuk memperlancar roda aktifitas, dibentuk kepengurusan dengan Ketua I Muh. Fadhil, Untung Gunarto (Ketua II), Wahyu ’Goyon’ Supriyono (Sekretaris), Gondo Wulandari (Bendahara I); Yovita Destilasi (Bendahara II), dilengkapi seksi-seksi humas (Fitria Nurlaelana, Suhartono, Arif Purnadi); seksi sosial (Erning Sugiastuti, Nurani Ismoyowati); seksi umum (Yondy Oskaria, Kabul Tricahyo); dan seksi usaha (Ahmad Munaji, Budi Rahayu, Supangkat).

Tiga kali sehari ya Pak, jangan  9 kali...Bhakti sosial Esmadu Delima.
Tiga kali sehari ya Pak, jangan 9 kali…Bhakti sosial Esmadu Delima.

Menurut penuturan Wahyu Supriyono yang akrab dipanggil ”Mas Goyon”, kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan terprogram dan kegiatan non program/insidentil. Kegiatan terprogram yang sudah berjalan adalah bea siswa kepada siswa tidak mampu di SMAN 2 Purwokerto. ”Kegiatan ini sudah berjalan untuk sepuluh siswa, setiap bulan kita memberikan masing-masing seratus ribu rupiah kepada sepuluh siswa. Jadi dana yang dikeluarkan untuk bea siswa mencapai dua belas juta dalam setahun”, terang Mas Goyon. Jumlah yang tidak sedikit tentunya.

Bea siswa tidak hanya diberikan kepada mereka yang masih duduk di SMAN 2 Purwokerto. Tapi diberikan juga kepada alumni SMAN 2 yang cerdas namun tidak mampu melanjutkan kuliah. ”Program ini pun sudah berjalan baik” lanjut Mas Goyon. Kepedulian juga ditunjukkan dengan membantu sesama alumni yang tidak mampu.

Sedangkan kegiatan non program (insidentil) meliputi bantuan untuk sesama alumni atau anak alumni yang sakit, mengalami musibah bencana alam, dan melakukan bakti sosial kepada masyarakat umum yang membutuhkan seperti pengobatan gratis, sunatan massal dan lainnya.

Ibu harus banyak-banyak makan buah ya...Bhakti sosial Esmadu Delima.
Ibu harus banyak-banyak makan buah ya…Bhakti sosial Esmadu Delima.

Dari mana sumber dana aneka kegiatan itu? Paguyuban Esmadu Delima menghimpun dana dari anggota dengan besaran iuran yang opsional, dalam arti besarnya tidak ditentukan ’secara paksa’. Dan ini pun tidak bersifat wajib, namun lebih ditujukan untuk alumni yang berkemampuan dengan besarnya pun diserahkan kepada masing-masing. ”Intinya kita menggalang dana sesuai keikhlasan masing-masing’ imbuh Mas Goyon.

Walaupun bersifat paguyuban, namun Esmadu Delima bukan perkumpulan ’asal-asalan’ lho. Ada sekretariat di Jl. Mardikenyo No. 12 Purwokerto dan akan dibuatkan Akta Pendirian dan AD/ART.

Wah, kiprahnya boleh ditiru juga ya…. Selamat berkiprah untuk Esmadu Delima, semoga membawa manfaat bagi sesama.

  • Anda punya komunitas dan ingin kiprah komunitas Anda diikuti dan menjadi inspirasi bagi orang lain? Kirim artikel dan foto ke redaksi@banyumasnews.com. Redaksi berhak mengedit tanpa mengurangi substansi.(PHD/banyumasnews.com)

Alah sehat begini loh...Bhakti sosial Esmadu Delima
Alah sehat begini loh…Bhakti sosial Esmadu Delima

"Ibu perlu mengurangi makan bakso ya... juga es..."..Bhakti sosial Esmadu delima.
“Ibu perlu mengurangi makan bakso ya… juga es…”..Bhakti sosial Esmadu delima.

"Ibu perlu ikut senam di Posyandu ya.. Juga kurangi es-nya..."
“Ibu perlu ikut senam di Posyandu ya.. Juga kurangi es-nya…”

"Pelan-pelan ya, awas ada kursi..."
“Pelan-pelan ya, awas ada kursi…”

"Waduh jangan keras-keras ambil nafasnya Bu..."
“Waduh jangan keras-keras ambil nafasnya Bu…”

"Sebentar, saya ikut foto dong..."
“Sebentar, saya ikut foto dong…”

Para penerima beasiswa foto bareng
Para penerima beasiswa foto bareng

Foto bareng para penerima beasiswa Esmadu Delima.
Foto bareng para penerima beasiswa Esmadu Delima.

Mejeng bareng di sela bhakti sosial.
Mejeng bareng di sela bhakti sosial.

Sama-sama tua serasa masih muda...
Sama-sama tua serasa masih muda…

Ketika sudah sama-sama sepuh...
Ketika sudah sama-sama sepuh…

Mejeng rame belum tentu lima tahun sekali...

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Mbot06 16/11/2009 pukul 00:20 -

    Semoga Smadu delima yang sekarang berubah menjadi SMADA TETAP JAYA dan Menjadi sekolah yang selalu dikenang,,,
    Amin,,,,

  2. Gie 12/10/2009 pukul 12:58 -

    Saya seorang pendatang di Purwokerto …. ikut seneng melihatnya…. semoga
    tidak hanya terhenti di reuni tgl. 14 Oktober 2007, sebab spanduk tahun 2008
    dan 2009 kan belum ada… hehehe…

    Ujung – ujungnya saya mau nawarin produk niii… jika Komunitas Esmadu Delima
    mau telpon2an murah pake Esia saja, Perdana nya juga bisa milih ” Suka Suka
    Hati ” lagi… mau sama dengan Ekor No. GSMnya, NoPol Mobil ato Motor, Tgl. Lahir
    Tgl Kelulusan dll… bisa pesan via :

    – email …….. : g_force05@yahoo.com
    – sms/tlp …. : 0281 – 9219000 / 081559606888

    Terima kasih’
    Gie

  3. Agung Janika S 31/08/2009 pukul 12:34 -

    Nderek bungah atas kerja sosial kanca_kanca kabeh.
    Nyuwun gunging pangaksama, inyong durung bisa bergabung in every moment.
    Terusna baen, ora usah wigah-wigih …
    Lha .. yu juminten tuku siwur, cekap semanten anggen kula matur ..

  4. Pengurus Esmadudelima 26/08/2009 pukul 13:11 -

    Kepada Kawan Semua,

    Acara kumpulan dan silaturahmi akan diadakan di rumah Trusti (lor ex-Puspenmas/STM), pada H plus 3 (kayane dina Rabu tgl 23 Sep 2009), mulai jam 11.00.
    Pagi harinya jam 09.00 kita akan menghadiri pertemuan Asmanda di aula basket SMA 2 untuk silaturahmi dengan guru-guru dan ex-guru2 SMA 2. Siangnya langsung ke Dugdhengan. Sroto, klanthing, mendoan, dage, ranjem, kentang ireng dan pecel sudah disiapkan tuan rumah (nek arep nyangking ya buah dan es krim baen. Amplop isi duwit juga ditampa nggo tambah-tambah kas)
    Hiburan adalah electone tunggal by David Foster (Holi) dg tema lagu 80an, mulai genre Rinto Harahap (Munaji) sayang-sayangan, pop kreatif Fariz, Rock Queen, Yes, Genesis, Jazzy Celebrate/Lake, sampai campur sari. Penyanyi Demung dan Fadhil, MC Yu Tarsun Fitri.
    Buat Adik Sri Maryanti dan angkatannya, silahkan datang. Bisa langsung belajar bagaimana kami mengelola ikatan emosi menjadi sesuatu yang cukup produktif.

  5. Salah satu pengurus Esmadu Delima 16/08/2009 pukul 20:29 -

    Untuk adik Sri Maryanti, silakan hubungi sekretariat Esmadu Delima di Jl. Mardikenya 12 Pwt, telp 0281-630397, ketemu dengan Mas Goyon. Mungkin kita bisa berdiskusi dan berbagi pengalaman liku-liku mengumpulkan alumni dan bagaimana menggalang dana. Kami akan men-support langkah Anda dan teman2.

  6. Bocah Baleng 14/08/2009 pukul 09:49 -

    He, he, 3x, bener banget kuwe.
    Lebih tepatnya, tek tambahi: Alumni SMA 2 hanya ada dua macem: Esmadudelima dan non Esmadudelima

  7. Sri Maryanti 14/08/2009 pukul 09:49 -

    Kami alumni SMA 2 dari tahun yang lebih muda dan ingin berkiprah juga dalam membantu memajukan SMA 2, almamater kita. Gimana cara menggalang dan “ngoprak-oprak” para alumni agar berkenan nyumbang sumber daya (baca:dana) nya? Mohon dishare pengalamannya ke kami para junior.

  8. Bocah Baleng 14/08/2009 pukul 09:48 -

    Gimana acara Lebaran tahun ini? Biasanya alumni pada mudik, bikin acara yang heboh genthoakan tapi positif donk! Juga libatkan alumni dan stake holder lainnya.
    Mas Goyon, Kang Fadhil, Bu Gondo, silahkan dimulai.

  9. Kawan Sam 14/08/2009 pukul 09:47 -

    Walaupun katanya status sebagian lahan SMA 2 Purwokerto masih silang sengketa antara Diknas dan TNI, tapi tetap terus berkiprah untuk kemaslahatan putra-putri Banyumas.
    Go ahead SMA 2 dengan Esmadudelimanya!

  10. imrad fans club 14/08/2009 pukul 09:46 -

    Hanya ada dua jenis sekolah, SMA dan non SMA.
    Hanya ada dua SMA, SMA 2 Purwokerto, dan non-SMA 2 Purwokerto… (yang lain jangan marah ya.. pissss)

  11. Tan Malacanang 10/08/2009 pukul 03:48 -

    Ikatan emosi selalu menjadi satu sumber daya yang potensial untuk digali dan dimanfaatkan untuk kebaikan pengikatnya (dalam hal ini SMA 2 Purwokerto). Contohnya diaspora Yahudi, Armenia, Irlandia, Philipina, China, Arab, India dll yang menjadi pendukung negaranya untuk perbaikan. Bila dikelola dengan baik, semangat ini jadi sangat positif. Bahkan Pemda Banyumas mestinya bisa memanfaatkan untuk kebaikan Banyumas Satria.

  12. Husna MS 08/08/2009 pukul 08:47 -

    Selamat buat ABG (Angkatan Babe Gue) yang telah merintis satu komunitas yang bisa menjadi contoh bagi orang lain, dengan menggabungkan unsur “genthoakan” dan sisi positif sekaligus lewat aksi-aksi sosialnya. Sebagai generasi penerus di SMADA, mudah-mudahan kami bisa mencontohnya.

  13. yosephin primasari 08/08/2009 pukul 03:14 -

    ditunggu aksi-aksi sosial lainnya….salut utk Esmadu-Delima..

  14. alumni sma sebelah 07/08/2009 pukul 01:13 -

    wah ..great! salut utk rekan-2 alumni SMA 2. Positif dan inspiratif… semoga yang lain bisa mengikuti kiprah ‘bapak-bapak’…

Leave A Response