Din: Jangan bingung soal fatwa haram bunga bank

Ditulis 06 Apr 2010 - 07:33 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
95
Dalam Tag

CILACAP – Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP)  Muhammadiyah, Prof. Dr. Din Syamsuddin mengimbau masyarakat untuk tidak bingung terhadap fatwa haram yang dikeluarkan Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.

”Fatwa-fatwa itu kan tidak mengikat. Menurut saya, kalau yang setuju fatwa, silakan diamalkan tetapi jika tidak setuju, ya tinggalkan, masyarakat jangan bingung,” katanya kepada wartawan di Wanareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (4/04), dalam sela acara panen perdana padi oleh kelompok tani warga Muhammadiyah setempat.

Menurutnya  semua yang ada dalam kehidupan ini tidak selalu dapat didekati dengan fatwa karena ada juga yang tidak bisa dengan fatwa. Ia mengatakan, ulama bertanggung jawab memberikan pandangan keagamaan kalau umat memintanya.

”Banyak umat yang bertanya berbagai persoalan, seperti bunga bank,” katanya.

Terkait hal itu, ulama yang tergabung dalam Majelis Tarjih dan Tajdid merasa bertanggung jawab dan mengeluarkan  fatwa tersebut   dengan
sungguh-sungguh dan mempertanggungjawabkannya dunia dan akhirat.
Kendati fatwa tidak mengikat, dia mengharapkan, hal itu tidak memunculkan sikap seolah-olah ulama tidak boleh berfatwa karena sangat berbahaya bagi masyarakat. ”Perlu saya sampaikan, produk Majelis Tarjih ada tiga, yakni wacana, fatwa, dan putusan,” katanya.

Terkait adanya fatwa haram bunga bank, dia mengatakan, warga Muhammadiyah memiliki tanggung jawab organisasi untuk mengamalkannya meskipun masih terbuka pemikiran pribadi yang berbeda. (BNC/ist/ant)

Tentang Penulis

Leave A Response