Bernilai sejarah tinggi, jembatan KA jalur Patuguran – Prupuk dipertahankan

PURWOKERTO – Sekalipun pembangunan double track atau jalur ganda rel kereta api antara Patuguran – Prupuk segera akan dimulai pada bulan April 2010 ini, namun jembatan-jembatan yang ada di jalur tersebut yang selama ini ada akan tetap dipertahankan kerena memiliki nilai sejarah yang tinggi, selain itu juga masih dipergunakan.

Demikian diungkapkan Humas PT KA Daops V Purwokerto, Surono Minggu (04/04). Pembangunan jalur Petuguran – Prupuk menggunakan dana APBN 2010. Tahun 2010 ditaregetkan pembangunan rel ganda sepanjang 17,5 Km antara stasiun Patuguran-stasiun Kretek sepanjang 6,17 Km dan stasiun Linggapura-stasiun Prupuk sepanjang 11,33 Km.

Sedangkan sisanya dari Stasiun Bumiayu ke Stasiun Kretek sepanjang 11,1 Km akan dibangun pada 2011.

Dalam pengamatan BanyumasNews.com paling tidak ada tiga jembatan yang unik dari sisi bangunan dan memiliki panjang serta ketinggian yang menarik. Portal ini pernah memuat cerita tentang jembatan Kali Belang, yang disebut masyarakat memiliki ‘saka pengantin’. Selain jembatan Kali Belang di Galuhtimur, Kecamatan Tonjong, ada jembatan sakalimalas (sakalibel) yang melintas di atas sungai Keruh di Adisana Bumiayu, yang monumental. Selain itu ada jembatan Kali Glagah yang memiliki kemiringan karena berada dalam jalur yang menikung di Tonjong sebelum stasiun Linggapura.

Jalur Petuguran – Prupuk memiliki panjang 32.1 kilometer,  harus mengepras gunung dan membangun 11 jembatan, tiga jembatan diantaranya merupakan jembatan terpanjang yakni di daerah Bumiayu yang terdiri bangunan hikmat (BH) 1153 sepanjang 280 meter (masyarakat menyebut Sakalibel), BH117 sepanjang 117 meter (Kali Belang) dan BH118 sepanjangan 87 meter.

Tiga jembatan terpanjang dengan ketinggian mencapai lebih dari 15 meter itu rencananya akan dibangun dengan menggunakan kontruksi beton pracetak. Sedang jembatan yang sekarang masih digunakan rencananya  tetap akan dihidupkan sebagai bangunan bernilai sejarah. (BNC/puh/KR)

Jembatan Sakalibel
Jembatan Sakalibel
Jembatan Kali Belang di Galuhtimur
Jembatan Kali Belang di Galuhtimur

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.