Bank Pasar Kebumen tinggalkan layanan kredit super mikro

Ditulis 04 Apr 2010 - 22:09 oleh Banyumas1

KEBUMEN – Kredit super mikro dengan besaran Rp. 200 ribuan tanpa jaminan yang selama ini dilempar oleh PD BPR Bank Pasar Kebumen, dihapus dalam layanan bank milik Pemkab Kebumen itu. Alasannya karena banyaknya kredit macet (non performing loan/NPL) di segment ini.

Banyaknya NPL kredit kecil itu membebani bank, karena harus mengeluarkan cadangan untuk penghapusan dari pembukuan bank. Demikian dikatakan Direktur Operasional PD BPR Bank Pasar Kebumen, Ir Suko Haryono. Maintaiance kredit tersebut juga menguras energi dan biaya, sementara personil BPR terbatas.

Selanjutnya BPR Bank Pasar Kebumen akan focus pada pinjaman dengan besaran minimal Rp 2 juta dan harus dengan jaminan. Pada tahun 2007 s/d 2009 PD BPR Bank Pasar Kebumen mengalami kerugian dan tidak bisa memberikan kontribusi kepada daerah berupa dividen.

Kini setelah beralih segment mengalami pertumbuhan yang cukup pasat. Aset bertumbuh 21 persen, kredit naik 26 persen dan dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun berupa tabungan dan deposito naik 18 persen.(BNC/ist/rin)

Tentang Penulis

Leave A Response