Festival Kuda Kepang Meriahkan HUT Gerindra ke-10

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Festival Kuda Kepang meeriahkan HUT Gerindra ke-10 tahun bertempat di Pasar Segamas, Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, pada Minggu (11/2/2018). Bupati Purbalingga Tasdi SH, MM ikut hadir dalam acara tersebut.

“Keanekaragaman budaya merupakan kekayaan bangsa sebagai warisan yang sudah sepatutnya untuk dilestarikan. Itu merupakan tugas generasi muda. Karena warisan budaya dan nilai tradisional mengandung banyak kearifan lokal yang masih sangat relevan dengan kondisi saat ini, dan seharusnya dilestarikan, diadaptasi, dan dikembangkan lebih jauh”, kata Tasdi dalam sambutannya.

Hadir pula wakil Bupati Dyah Hayuning Pratiwi,  Kepala Kantor Kesbangpol Purbalingga Mohammad Najib, Ketua DPC Partai Gerindra Purbalingga Adi Yuwono beserta Pengurus DPC, para anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Purbalingga, Ketua dan Pengurus PAC, Ranting Partai Gerindra se-Kabupaten Purbalingga, grup kesenian kuda kepang, serta kader dan simpatisan Partai Gerindra Kabupaten Purbalingga.

Tasdi juga mengucapkan terima kasih kepada Partai Gerindra yang telah menyelenggarakan Festival Kuda Kepang yang merupakan wujud pelestarian budaya lokal.

Festival Kuda Kepang diikuti oleh 10 grup kesenian, yaitu Dwi Rahayu dari Toyareka, Sekar Lenggeng Lestari dari Karangmoncol, Teja Laras dari Pengadegan, Sekar Melatih dari Kalimanah, Turonggo Seto dari Bancar, Kencoro Marga dari Kejobong, Satria Kinanyungan dari Kertanegara, Turonggo Sari Muda dari Bumisari, Randu Kusuma dari Kaligondang, dan Mekar Turangga Jati dari Bukateja.

Adi Yuwono Ucapkan Selamat kepadaTasdi

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Purbalingga, Adi Yuwono, dalam sambutannya, mengucapkan selamat kepada Tasdi yang telah memperoleh penghargaan dari LKNI (Lembaga Kebudayaan Nasional Indonesia).

“Saya mengucapkan selamat kepada Bapak Tasdi yang pada tanggal 29 Januari lalu, memperoleh penghargaan dari LKNI karena selama ini telah mengangkat dan melestarikan kebudayaan Indonesia, khususnya kebudayaan Jawa. Untuk itu sebagai wujud membantu program pemerintah dalam pelestarian budaya, kami mengadakan Festival Kuda Kepang ini” kata Adi.

“Hadiah yang disediakan yaitu Juara I akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 2.500.000, -, Juara II akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 2.000.000, -, Juara III akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 1.500.000,-.” pungkas Adi. (BNC/PI-9)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*