Beberapa Desa di Banjarnegara Dilanda Longsor

BanyumasNews.com, BANJARNEGARA  – Bencana tanah longsor dilaporkan terjadi di beberapa desa di Kabupaten Banjarnegara,  Jawa Tengah. Selain tanah longsor, juga terjadi pohon tumbang dan luapan air, yakni di desa Paweden,
Desa Banjarmangu, Desa Pekandangan, Desa Rakitan, Desa Tlaga dan Desa Pingit Lor.

Pada hari ini Kamis  (8/2/2108) wilayah Kabupaten Banjarnegara diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Berdasarkan laporan informasi yang masuk ke Pusdalop BPBD Banjarnegara via radio dan alat komunikasi lain, sampai saat ini terdata ada 8 titik kejadian.

Penanganan dilakukan oleh Tim TRC BPBD Banjarnegara, POLRI, TNI,TAGANA, BAGANA, RAPI, FKPAB, LASKAR LEKSANA, DESTANA SIJERUK, Relindo, Damkar dan warga masyarakat melakukan penanganan pembersihan material untuk membuka akses jalan dan pembersihan material longsor yang menimpa rumah.

Hasil pengecekan dan penanganan kejadian yang dilakukan oleh Tim antara lain di Desa Paweden, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, tanah longsor menimpa rumah atas nama Bihin Raharjo ( 40 Th/4 jiwa) mengalami kerusakan rumah di bagian belakang dengan ukuran 2 x 3 m runtuh. Sementara penghuni rumah mengungsi di rumah saudara. Rumah Iksan ( 65 Th/ 6 jiwa) mengalami terancam karena berada di mahkota longsor.

Dilaporkan pula tebing longsor dengan ketinggian 7 m, longsor menutup akses jalan propinsi. Bangunan talud SDN 1 Paweden mengalami longsor dan menutup akses jalan propinsi.

Pegiat penanganan kejadian antara lain Tim Gabungan melakukan pembersihan material longsor dan pendataan.
Untuk saat ini Akses jalan sudah normal untuk mobilisasi pengguna jalan.

Di Desa Banjarmangu, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, penanganan pembersihan material longsor berupa tanah, batu dan pohon bambu yang menutup akses jalan propinsi dan untuk saat ini akses jalan sudah terbuka dan dapat dilalui oleh kendaraan roda 4 atau pengguna jalan yang lain.

Penanganan pohon tumbang yang menutup akses jalan Kabupaten di Desa Banjarmangu – menuju Kecamatan Wanadadi.
Untuk saat ini akses jalan sudah terbuka dan normal untuk di lalui kendaraan dan pengguna jalan lain.

Assesment di Desa Pekandangan, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, data sementara kejadian tanah longsor menimpa rumah atas nama Uminah (55 Th/ 2 jiwa) di Rt 02/02. Rumah mengalami kerusakan di bagian dapur dan kamar tidur. Sementara pemilik mengungsi di rumah saudara atas nama Merli, di desa yang sama.

Rumah Partin (45 Th/ 3 jiwa)  di  Rt 03 / 02 Pekandangan  mengalami kerusakan di bagian belakang dan  bagian kandang ternak ambruk.

Di Desa Tlaga, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, telah terjadi longsor di Dusun Slimpet Rt 02/06. Kejadian pada pukul 18.00 Wib dan longsor menimpa rumah Muryanto ( 40 Th). Sementara korban mengungsi di rumah saudara. Dampak lain dari kejadian ini juga memicu 4 unit rumah dalam kondisi terancam.

Sementara itu tanah longsor di Desa Rakitan, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara menimpa akses jalan dan 1 unit rumah terancam. Sementara korban atas nama Yusuf Narto Suwito (70 Th) mengungsi di rumah saudara. Penanganan Tim TRC BPBD Banjarnegara melakukan pembersihan material longsor untuk membuka akses jalan.

Penanganan luapan air di desa Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, atas dampak dari tersumbatnya saluran air yang mengakibatkan luapan air dan material batu kerikil masuk ke jalan propinsi sehingga membahayakan pengguna jalan. Tim TRC dibantu warga segera melakuan normalisasi gorong-gorong untuk melancarkan debit aliran air agar normal kembali. Untuk saat ini akses jalan sudah normal kembali dari luapan air.

Tebing dengan ketinggian 3 m longsor di Dusun Karangmangu Rt 02/ 04, Desa Pingit Lor, Kecamatan Pandanarum,
menimpa rumah atas nama Trisno ( 40 Th/5 jiwa). Hingga pukul 22.15 WIB TIM TRC BPBD BANJARNEGARA masih melakukan penanganan di lokasi kejadian.

BPBD Banjarnegara menghimbau masyarakat waspada dan selalu siaga karena curah hujan masih dimungkinkan turun.
“Pengguna jalan harap berhati-hati karena kondisi jalan licin di beberapa titik longsoran”, himbau BPBD.

Jika terjadi kondisi darurat dihimbau untuk melaporkan ke posko siaga darurat BPBD Banjarnegara melalui Telp/sms/WA 082330259595 / frek radio 164.545. (BNC/*/ist)

Foto: longsor menimpa jalan raya (ilustrasi) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.