Banjir dan Longsor Timpa Wilayah Banyumas

BanyumasNews.com, BANYUMAS -Hujan deras yang terjadi pada Kamis sore (8/2/2018) di wilayah Kabupaten Banyumas, mengakibatkan banjir dan tanah longsor di beberapa desa.

Laporan yang masuk ke BPBD Banyumas  banjir terjadi di Rw 2 Sawangan Wetan RT 2 dan Rt 4, Kecamatan Patikraja,  sekitar jam 18.00 wib Kamis kemarin. Hujan lebat mengakibatkan meluapnya sungai Nangka dan sungai Tenggulun di wilayah Rw 2.

Data terdampak mayoritas air hanya di halaman rumah dan mendampak 1 rumah di Rt 2/2, yakni rumah Basikun (52 th), yang didiami 4 jiwa. Air masuk di bagian ruang belakang rumah.

Sementara itu dampak lupan sungai Tenggulun air menggenangi jalan Rt, halaman dan 5 rumah warga Rt 4/2, yakni rumah Wartim (63 th), didiami 4 jiwa, rumah Riwud (60 th), didiami 2 jiwa, rumah Wartam (47 th),  didiami 4 jiwa, rumah Natam (46 the),  didiami 5 jiwa, dan rumah Wiarto (80 th), didiami  2 jiwa.

“Tinggi air kurang lebih dari 20 – 40 cm dan air mulai surut pukul 20.00 wib”, kata Posko Darurat BPBD Banyumas.

Tidak ada kerusakan dan korban jiwa akibat banjir di Patikraja tersebut.

Upaya yang dilakukan BPBD BANYUMAS, KORAMIL dan  SAR Banyumas mendatangi lokasi kejadian bencana dan melakukan pembersihan rumah yang terdampak akibat dampak banjir.

Longsor di Gumelar 

Sementara itu pada hari Kamis, 8 Pebruari 2018 pkl. 17.00 wib telah terjadi tanah longsor dengan ringgi 5 M dan panjang 10 M , menimpa rumah Kisno / Tarminah, di Desa Samudra Kulon RT 07/01 Grumbul Mengger Kecamatan Gumelar.

Kejadian longsor  akibat hujan turun cukup deras hampir 2 jam, sehingga tanah longsor mengenai ruang makan hingga jebol dengan lebar 4 M tinggi 2 M, terkena material longsoran tanah.

Akibat dari kejadian tersebut kerugian jiwa nihil, sedangkan kerugian material  ruang makan mengalami kerusakan parah tertimbun tanah.

Tindakan Babinsa besama warga dan perangkat desa mendatangi lokasi utk melaksanakan pendataanan. Pada Jumat (9/2/2018) dilaksankan kerja bakti pembuangan material tanah longsor yg mengenai ruang makan. (BNC /nan)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.