Literasi Warnai Harlah NU Pasirkulon

Banom NU Pasirkulon warnai Harlah NU dengan literasi 

BanyumasNews.com,  BANYUMAS –  Ratusan warga desa Pasirkulon,  Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, berbodong-bondong memadati kompleks balai desa, menyemarakkan peringaan hari lahir (Harlah) NU ke 92 yang diadakan oleh pengurus NU ranting setempat beserta badan otonom NU lainnya.

Kegiatan tersebut diadakan selama 4 hari berturut-turut, yakni semenjak hari Kamis sampai Minggu (25-28/01/2018).

Kegiatan tersebut dihadiri berbagai tokoh NU dari ranting sampai cabang. Hadir pula pemerintah mulai dari desa sampai kecamatan. Tidak hanya itu, aktifis literasi juga ikut menyemarakkan acara tersebut.

Berbagai rangkaian acara yang disajikan panitia selama 4 hari antara lain istighosah,  yang dilaksanakan pada hari Kamis di Masjid Syekh Maqdum Wali, khotmil Qur’an pada hari Jum’at di Madrasah Pasir Kulon.

Acara dongeng oleh Kak Alfian

“Selain itu terdapat juga pasar baju murah, bazar buku murah, dan pojok literasi. Bukan hanya itu, kami juga mengundang pendongeng untuk menghibur ratusan anak-anak PAUD, TK, SD, MI, dan TPQ di balai acara dan Masjid Syekh Makdum Wali pada hari ini (Minggu – red) ,” tutur Djamil selaku pengurus NU ranting Pasirkulon.

“Pada hari ini juga, puluhan anggota IPNU dan IPPNU ranting Pasirkulon bersama-sama membacakan al-Barzanji sebagai salah satu rangkaian peringatan hari lahir NU di Pasirkulon. Malam harinya seluruh badan otonom NU ranting Pasirkulon meramaikan panggung orasi yang berisi berbagai macam pertunjukan, seperti pembacaan puisi dan lain sebagainya. Adapun setelah itu akan ada permainan bola api yang dimainkan oleh anggota Banser desa Pasirkulon,” imbuh dia.

Agung Drajat menambahkan, rangkaian peringatan hari lahir NU akan berakhir pada hari Minggu, yaitu dengan berbagai kegiatan untuk masyarakat umum, lounching baju NU, dan website NU Pasirkulon.

“Paginya kita adakan jalan sehat, setelah itu tinggal donor darah. Semua itu untuk warga masyarakat umum. Pada puncaknya, kami akan melaunching baju NU yang dibuat oleh GP Ansor desa Pasirkulon. Selain itu, ada juga lounching website NU Pasirkulon sebagai referensi bacaan dan sumber informasi di desa Pasirkulon dan masyarakat lainnya,” ucap Agung yang juga pernah menjabat sebagai ketua IPNU kecamatan Karanglewas. (Fajar Pujianto/ Cyber NU Pasirkulon) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.