Alun-alun Purwokerto Dilengkapi 46 Tempat Sampah Baru

Banyumasnews.com, PURWOKERTO -Alun-alun Purwokerto mendapat 46 tempat sampah baru,  menyusul penggantian dan penambangan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas.  Upaya tersebut dilakukan untuk menciptakan Alun-alun yang bersih dari sampah.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertaman Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas, Ngadimin mengatakan, tempat sampah itu untuk mengganti beberapa tempat sampah yang ada dan menambah jumlahnya.

“Dulu kan tempat sampahnya ukurannya kecil dan sedikit, mungkin pengunjung Alun-Alun Purwokerto banyak yang tidak melihat, sekarang kami ganti dan menambah dengan yang lebih besar,” katanya.

Penambahan tempat sampah baru itu, menurut Ngadimin, sebanyak 36 merupakan alokasi dana tahun 2017.  Sedangkan yang lama sudah ada sepuluh tempat sampah. Dengan banyaknya tempat sampah dapat mengefektifkan pengunjung untuk membuang sampah.

“Dengan total 46 tempat sampah yang mengitari Alun-Alun Purwokerto, kami berharap warga tidak lagi membuang sampah sembarangan seperti terlihat selama ini,” katanya.

Dengan berseloroh Ngadimin mengatakan, dengan tempat sampah sebanyak itu, dimungkinan tempat sampah terbanyak yang ada di Alun-Alun se Indonesia.

“Sesuai dengan tujuannya, penyediaan tempat sampah tersebut untuk menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan,” lanjutnya.

Kalau tempat sampahnya berdekatan dan mengelilingi alun-alun, tidak ada alasan pengunjung Alun-alun untuk buang sampah sembarangan.

Ngadimin menambahkan, meskipun pihaknya menyiapkan petugas kebersihan, tetapi kalau tidak ada kesadaran dari masyarakat, sampah akan tatap menjadi momok dan menjadikan kota terlihat tidak sedap dipandang, karena terlihat banyak sampah yang berada di tempat tidak semestinya.

Sementara itu untuk tahun 2018 ini, DLH Kabupaten juga merencanakan pengadaan tempat sampah untuk Alun-Alun Banyumas. ( BNC / Pars)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.