Unik, Keliling Tempat Wisata Purwokerto dengan Koprades

Ditulis 23 Jan 2018 - 05:51 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURWOKERTO –  Ini ide unik dan menarik,  juga kreatif dari seorang event organizer (EO) di Purwokerto,  yang ternyata juga menjadi EO bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota mendoan Purwokerto. Hartono Waluyo,  pemilik EO Duta Promosindo, membawa wisatawan dengan menggunakan menggunakan mobil Koprades.  Hah?

Ide itu datang setelah ia kehabisan mobil sewaan (rental) pada Minggu (21/01/2018).  “Akhirnya saya ditawari oleh teman yang mempunyai mobil koperades…. ternyata tamu juga oke gak ada masalah, malah penasaran kepengen naik mobil Koprades sambil tour dalam kota kayak apa to…”, kata Hartono.

Menurutnya,  ini salah satu wujud nyata membantu para pengusaha  Koprades yang katanya sekarang semakin sulit mendapatkan penumpang, dengan  melibatkan mereka dalam dunia pariwisata. Dan bisa menjadi daya tarik sensasi sendiri.

Start dari hotel…

Ke salah satu pusat nyamikan tradisional

Akhirnya mulailah paket tour yang ia buat sendiri. Mulai start dari Hotel Dominic Purwokerto menuju Sokaraja ke Raja Soto lama buat sarapan.  Kemudian dilanjutkan ke Goa Maria Kaliori Banyumas, dilanjutkan ke Curug Gede Baturraden.

“Perjalanan dilanjutkan ke Putri Gunung-nya Pak Tekad Santos buat ngemil dage, mendoan, kuncar, tahu berontak dan pisang goreng”,  katanya.

Usai dari Baturraden, dilanjutkan makan siang di Warung COBOY (Ayam mboke),  dilanjutkan ke Oemah Inyong buat membeli jalabia, salah satu makanan khas Purwokerto.

Dari sana rombongan dibawa ke pusat oleh-oleh keripik tempe dan mendoan di Sawangan,  toko oleh-oleh di Jalan Pramuka,  lanjut makan saohun Pak Kartim di Kaliputih dan finish kembali ke hotel.

Hartono mengatakan,  jika saja para sopir Koperades yang ada diberikan pendampingan, ternyata bisa menjadi suatu potensi transportasi wisata yang menarik. “Banyak teman yang menanyakan tentang harga sewa dll Koprades. Setelah melihat saya naik Koprades,  tamu ternyata menikmati karena mungkin saja dari mereka belum pernah naik Koprades yang mana gak ada AC-nya, tapi ternyata bisa menjadi kendaraan wisata yang sangat asyik”, lanjut Hartono.

“Inilah yang dinamakan ekonomi kerakyatan (kalo gak salah), dan potensi buat membuat suatu rute tour bagi Koprades bisa menjadi suatu bisnis yang sangat potensial di masa yang akan datang”, katanya.

Ia berharap, apa yang ia perbuat bisa menjadi awal adanya secercah harapan buat Koprades Banyumas yang semakin menyusut jumlahnya.  “Dan semoga juga akan menjadi penyemangat bagi Koprades yang ada buat bangkit lagi,  ikut aktif melayani para wisatawan yang berkunjung ke kota Purwokerto”, tambahnya.

Oh ya,  Koprades yang mengantar rombongan pada hari Minggu itu milik Mamang Tua (bisa search di facebook).

“Perjalanan yang jelas sangat asek sekali naik Koprades buat wisata keliling kota”, pungkas Hartono. (BNC / puh/ fb)

Foto : Facebook Hartono Waluyo

 

Tentang Penulis

Leave A Response