Antisipasi DB, Galakkan PSN

Ditulis 20 Des 2017 - 15:46 oleh Banyumas1

Antisipasi DB, Bupati Ajak Gerakan PSN Digalakkan

BanyumasNews.com, BANYUMAS –  Bupati Banyumas Ir Achmad Huesin meminta kepada camat, kepala kelurahan, kepala desa dan masyarakat pada umumnya agar tidak bosan-bosan melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Hal tersebut guna mengantisipasi berkembangnya nyamuk Aides agepty sebagai penyebab penyakit demam berdarah (DB).

“Saya menghimbau kepada camat, kepala kelurahan, kepala desa dan masyarakat pada umumnya agar tidak bosan-bosan melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN),” pesan Bupati Rabu pagi (20/12/2017) sebelum memimpin Apel Besar Linmas.

Pesan tersebut juga selalu disampaikan dalam forum-forum lain seperti pengajian, pencanangan Kampung KB, pembukaan suatu kegiatan dan lainya. Bupati menilai, PSN dipandang lebih efektif dan lebih murah dibandingkan dengan fogging. Pasalnya PSN mampu memutus rantai perkembangbiakan nyamuk. Sedangkan fogging hanya membunuh nyamuk dewasa saja.

“Pencegahan DB ini membutuhkan partisipasi dari berbagai pihak, utamanya dari masyarakat sendiri, Cara yang paling ampuh mengendalikan DB adalah dengan memberantas vektornya, yakni nyamuk Aides agepty. Karena itu, PSN harus kembali digalakkan, untuk membasmi sarang-sarang nyamuk yang ada di rumah dan sekitarnya” tandasnya.

Bupati tidak menginginkan kejadian luar biasa kasus DB pada tahun 2016 terulang. Wabah DBD menurut bupati, dipicu oleh faktor cuaca curah hujan yang tinggi dan disertai panas yang terik. Bulan Desember ini, sudah mulai berganti musim, dimana kadang hujan kadang panas, yang sangat cocok untuk berkembanya nyamuk.

“Kita jangan terlena dengan ancaman penularan dengue. Kita harus terus waspada, jangan sampai saat ada kejadian, baru bergerak,” pesan Bupati. (BNC/Pars)

Tentang Penulis

Leave A Response