Brownies Tahu, Juara 1 Lomba Kudapan Berbahan Lokal

Brownies Tahu Kalimanah Juara 1 Lomba Kudapan Tingkat Purbalingga

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Brownies selama ini identik dengan bahan baku coklat. Namun brownies yang dibuat oleh tim lomba kudapan dari Kecamatan Kalimanah ini berbahan dasar tahu.

Mulai dari proses memasak yang terbilang cepat, penyajian dengan penampilan nan cantik serta rasa yang tak kalah dengan rasa brownies pada umumnya, mampu membawa brownies tahu ini menjuarai lomba kudapan, dalam rangka menciptakan makanan khas Purbalingga.

Menciptakan panganan khas Purbalingga adalah Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga yang kemudian ditindaklanjuti serius oleh tim penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Purbalingga. Dalam rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Kabupaten Purbalingga ke 187, TP PKK bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM menyelenggarakan lomba kudapan kreatif berbahan baku lokal tahun 2017.

“Dengan lomba ini diharapkan mampu mendorong kreatifitas pelaku usaha menciptakan kudapan  dengan bahan baku lokal yang menarik dan layak jual dan meningkatkan pemanfaatan potensi bahan pangan lokal yang ada di Kab. Purbalingga”, kata Ny. Erni Widyawati Tasdi, Ketua TP PKK Purbalingga (11/12/2017).

Lomba kudapan kreatif berbahan baku lokal tahun 2017 mendapat apresiasi tinggi dari Bupati Tasdi, menurutnya lomba semacam ini sangat penting dalam upaya menggali potensi kuliner khas Purbalingga karena kuliner khas ini nantinya akan mendukung majunya industri wisata di Purbalingga dan cita-cita mewujudkan kedaulatan pangan.

“Sebentar lagi Bandara Jenderal Besar Soedirman akan membuka akses wisata yang besar ke Purbalingga, harus disikapi dengan cerdas oleh kita sendiri, jangan sampai tamu yang datang ke sini bingung, atau bahkan kecewa karena berwisata ke sini namun tidak menemukan khas-nya Purbalingga, salah satunya pangan yang menjadi identitas jati diri Purbalingga,” kata Bupati Tasdi.

Lomba kudapan kreatif berbahan baku lokal tahun 2017 diikuti  50 tim, yaitu 36 tim dari pelaku usaha binaan TP PKK Kecamatan se Purbalingga, dan 14 tim binaan dari UMKM.

Dalam lomba ini diambil 6 juara dengan kriteria penilaian meliputi  kreatifitas, cita rasa, tampilan dan penyajian yang dinilai oleh 3 juri masing–masing dari TP PKK Kabupaten Purbalingga, juri dari Dinas Koperasi dan UKM dan 1 juri dari SMK 1 Bojongsari.

Para juara memperoleh tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan, bahkan Bupati Tasdi berkenan menambahkan bebungah kepada 6 juara masing-masing Rp. 1 juta rupiah.

Terinci para juara adalah : juara 1 brownies tahu dari  Kecamatan Kalimanah, juara 2 klapert tart singkong dari Kecamatan Rembang, juara 3 klepon ceplus dari Kec. Bobotsari, juara harapan I klepon labu kuning dari kec. Bojongsari, harapan II kue talam mawar ubi ungu dari kec. Padamara dan juara harapan III lemper kongbingu (singkong dan ubi ungu) dari kec. Kaligondang. (BNC/PI-5).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.