Mahasiswa FH Unsoed Gelar Talkshow untuk Penyandang Disabilitas

Ditulis 10 Des 2017 - 06:58 oleh Banyumas1

 

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Banyak orang memandang sebelah mata para penyandang disabilitas. Diskriminasi atas akses pekerjaan yang sulit juga menjadi masalah tersendiri bagi para penyandang disabilitas. Hal itulah yang mendasari mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Jendral Soedirman (Unsoed) Purwokerto, mengadakan talkshow dan pelatihan bagi penyandang disabilitas Sabtu (09/12/2017) di Graha Adiguna komplek pendopo Dipokusumo Purbalingga.

Acara digelar untuk memperingati HDI (Hari Disabilitas Internasional). Menurut ketua panitia, Angga Zulfikar, tujuan acara itu untuk mengembangkan skill dan potensi agar bisa mandiri. “Kami berharap penyandang disabilitas bisa mandiri dengan berwirausaha. Oleh sebab itu kami persiapkan acara hari ini dengan matang,” kata Angga.

Acara tersebut difasilitasi Pemkab Purbalingga, dihadiri OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait yaitu Dinsosdalduk dan para penyandang disabilitas. Tema acara “Membangun Pemenuhan Hak Disabilitas yang Kreatif, Inovatif dan Mandiri Dengan mengembangkan Pelatihan kewirausahaan Disabilitas”.

Menurut Sekda Purbalingga Wahyu Kontardi, SH yang membuka acara tersebut, disabilitas harus ditempatkan sama dalam harkat dan martabatnya. Dia melanjutkan jangan ada diskriminasi dan pengucilan bagi penyandang disabilitas.

“Manusia diciptakan mempunyai hak yang sama oleh Allah SWT. Jangan ada diskriminasi kepada disabilitas. Semua harus dilayani dengan baik termasuk disabilias karena mereka dilindungi undang-undang,” ujar Wahyu.

Peserta bernama Herwindo dari kelurahan Penambongan mengaku senang diundang di acara tersebut. Dia bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya sebagai penyandang disabilitas seperti halnya temannya yang lain. Dia berharap adanya kesinambungan program yang dilakukan pemerintah untuk memikirkan disabilitas.

“Kami sangat senang diundang hadir dalam acara semaxam. Pemerintah yang siap memfasilitasi kemandirian disabilitas merupakan wujud nyata kepedulian pemangku kebijakan,” pungkas Herwindo. (BNC/PI-8)

Ket foto: peserta talkshow disabilitas

 

Tentang Penulis

Leave A Response