Mulai Bulan Mei PNS Banjarnegara sumbang 50 ribu Jamkesda

Ditulis 31 Mar 2010 - 20:27 oleh Banyumas1
Bupati djasri saat memberikan pengarahan dalam acara sosialisasi jamkesda (foto:bam/BNC)

Bupati djasri saat memberikan pengarahan dalam acara sosialisasi jamkesda (foto:bam/BNC)

BANJARNEGARA –Saat ini ada 37 ribu jiwa masyarakat miskin di Banjarnegara yang belum tertanggung oleh program jamkesmas, Mengingat mereka sangat membutuhkan jaminan kesehatan ini maka Pemerintah Kabupaten berupaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan meluncurkan program Jamkesda. Program ini sebenarnya evolusi dari Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat (JPKM). Untuk mengadakan program ini selama satu tahun dibutuhkan dana sebesar dua milyar lebih.

Untuk mensukseskan Jamkesda ini maka Bupati Banjarnegara Drs. Ir. Djasri, MM, MT menginstruksikan kepada seluruh pegawai negeri sipil di jajaran Pemkab Banjarnegara untuk ikut dalam program ini, dengan cara menyumbangkan dana sebesar 50 ribu setahunnya. “Seluruh PNS di Banjarnegara wajib berperan dalam Jamkesda ini,  untuk Bulan Mei ini agar merelakan gajinya dipotong 50 ribu”, ujar Djasri dihadapan peserta Sosialisasi Program Percepatan Banjarnegara sehat 2010 dan Rencana Pelaksanaan JPKM Kabupaten Banjarnegara di Sasana Bhakti Praja, Rabu (31/3).

Sementara untuk PTT apabila keberatan harus membayar uang sebesar itu sekaligus,  menurut Djasri mereka bisa mengangsurnya selama satu tahun. “Untuk PTT bisa diangsur sesuai kesepakatan dengan bendahara gaji”, imbuhnya.

Djasri mengungkapkan bahwa langkah ini di ambil sebagai wujud kepedulian seluruh jajaran pegawai di lingkungan Pemkab Banjarnegara untuk mengcover sisa penduduk miskin yang belum mempunyai asuransi kesehatan. “Sehingga tekad mewujudkan Banjarnegara Sehat di tahun 2010  ini bisa tercapai”, tegasnya.

Selain PNS dan PTT diharapkan pegawai di lingkungan BUMD dan BUMN serta masyarakat Banjarnegara ikut berperan mensukseskan program Jamkesda ini.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan dr. Muhammad Yusrie mengaku bahwa pelaksanaan JPKM selama ini belum optimal. Untuk itu dia berjanji untuk memperbaiki sistem yang ada dan dengan adanya Jamkesda ini diharapkan adanya peningkatan mutu pelayanan kesehatan terutama bagi masyarakat miskin (BNC/bam)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Jurukunci Banjarnegara 05/01/2012 pukul 07:43 -

    Programnya bagus, namun pelaksanaannya gimana? bisa transparan gak? 2011 sudah usai, mana laporan pertanggungjawaban terrhadap mereka yg dipotong?

Leave A Response