UNSOED Luluskan Doktor Pertama

Ditulis 05 Des 2017 - 22:31 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Program Pascasarjana Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, menorehkan sejarah baru melalui Program Doktor Ilmu Manajemen (DIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsoed.

Program DIM melahirkan lulusan Doktor pertamanya, yakni Sumitro (Staf pengajar di AMIK Labuhanbatu, Sumatera Utara) dalam Sidang Terbuka Program Doktor Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsoed, Senin (04/12/2017), dengan lama studi 3 tahun 3 bulan.

Sidang Terbuka dipimpin oleh Rektor Unsoed Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si. Sebagai Promotor Prof. Dr. Bambang Agus P, M.Acc., Ph.D, Ak, dan Sekretaris serta Co Promotor Prof. Dr. Agus Suroso MS. Sedangkan sebagai Ketua Tim Penguji Prof. Dr. Suliyanto, SE.MM, Penguji Eksternal Prof. Dr. Siti Nurhayati, MS, sementara penguji internal Dr. Pramono Hari Adi, MS, dan Dra. Sri Murni Setyawati MM., Ph.D.

Di hadapan para dosen penguji, Sumitro berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Keterikatan Pemasaran Dinamis Pada UMKM Luring Ke Daring Di Kabupaten Banyumas”.

Beliau menetapkan populasi dan sampel yang diteliti sejumlah 243 UMKM yaitu pemilik, pengelola, atau pemilik dan pengelola usaha UMKM yang melakukan dua sistem pemasaran yaitu Luring ke Daring di Kabupaten Banyumas 2016.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitiannya menggunakan pendekatan probability sampling dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling.

Menurut Sumitro, upaya peningkatan kinerja bisnis melalui keterikatan pemasaran dinamis dapat dilakukan melalui 3 (tiga) skenario yaitu Keterikatan Rantai Pasokan, Keterikatan Karyawan, dan Keterikatan Pelanggan.

Dari hasil penelitiannya diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan dinamis dapat menjawab peran fungsi pemasaran dalam operasional bisnis melalui keterikatan rantai pasokan dan memfasilitasi logika layanan dari keterikatan pelanggan dan karyawan terhadap keterikatan pemasaran dinamis.

Hubungan pengetahuan pasar terhadap keterikatan aktor (pelanggan, karyawan, rantai pasokan) berdampak positif terhadap kinerja bisnis melalui keterikatan pemasaran dinamis.

Fenomena bisnis pemasaran UMKM dalam sistem digital terbukti posistif menggunakan teknologi digital dapat meningkatkan kinerja bisnis. “dengan demikian, strategi Keterikatan Pemasaran Dinamis dapat meningkatkan kinerja bisnis UMKM sebagai strategi keunggulan kompetitif berkelanjutan  di dua sistem pemasaran (Luring, dan Daring).

Pada kesempatan tersebut Rektor Unsoed Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si mengatakan bahwa sidang terbuka promosi doktor ini akan menjadi penanda yang bersejarah dalam tradisi akademik di Universitas Jenderal Soedirman.

“Untuk kali pertama, sejak lebih setengah abad universitas ini berdiri,  akhirnya tibalah waktunya kita mempromosikan seorang doktor,  sebuah jenjang pendidikan akademik tertinggi dalam struktur pendidikan formal yang diakui oleh negara bahkan dunia”, demikian ungkap Rektor.

Lebih lanjut Rektor berharap agar seorang doktor mampu menemukan kebaruan dalam gagasan sekaligus berkontribusi dalam tindakan yang memberikan kemaslahatan, dapat menjadi pribadi yang arif dan bijaksana, dapat menjadi ilmuwan sekaligus yang senantiasa mengembangkan keilmuan.

“Dengan kata lain, menjadi seorang doktor tidaklah semata sebuah pencapaian, melainkan melekat pula tanggung jawab moral dan intelektual”, pungkas Rektor. (BNC/Alief Einstein)

Ket foto: Prof. Dr. Suliyanto, SE. MM (Dekan FEB Unsoed) dan Sumitro

Tentang Penulis

Leave A Response