Ini Desa dan Kelurahan Peduli AIDS di Jateng

Ditulis 05 Des 2017 - 04:52 oleh Banyumas1

Pertama di Jawa Tengah, Losari dan Kalikabong Jadi Desa dan Kelurahan Peduli Aids

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Desa dan Kelurahan Peduli AIDS?  Ya, Desa Losari, Kecamatan Rembang dan Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga resmi menjadi Desa dan Kelurahan Peduli Aids, yang merupakan pertama d8 Jawa Tengah. 

Surat Keputusan (SK) diserahkan Bupati Purbalingga pada Upacara Peringatan Hari Aids dan Hari Difabel Kabupaten Purbalingga, Senin (4/12/2017).

SK Desa dan Kelurahan Peduli Aids diserahkan langsung kepada Kepala Desa Losari Harwanto dan Lurah Kalikabong Setyawan Priambodo. Penetapan Desa Losari sebagai Rintisan Desa Sehat Mandiri Peduli Aids berdasarkan SK Bupati Nomor 440/273 tahun 2017, sedangkan Kelurahan Kalikabong ditetapkan sebagai Kelurahan Peduli Aids berdasarkan SK Bupati Nomor 440/272 tahun 2017.

“Tujuanya menjadi proyek percontohan peduli penanggulangan HIV Aids  di Kabupaten Purbalingga. Ini menjadi kegiatan pertama di Jawa Tengah dan rencananya akan dijadikan program Provinsi Jawa Tengah,” ujar Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Purbalingga Heni Ruslanto.

Menurut Heni, proyek percontohan Desa dan Kelurahan Peduli Aids akan terus dikembangkan. Pihaknya akan terus melakukan pembinaan kepada kedua desa/kelurahan itu, sehingga nantinya dapat menjadi rujukan bagi desa/kelurahan lainnya.

“Desa dan Kelurahan Peduli Aids bukan karena di desa itu banyak penderita HIV-Aidsnya. Namun desa yang perangkat dan warganya paham penanggulangan dan pencegahan HIV Aids, sekaligus tidak ada diskriminasi terhadap kasus ODHA,” jelasnya. (BNC/PI4)

KET FOTO: Penyerahan SK Desa Peduli AIDS oleh Bupati Purbalingga

 

Tentang Penulis

Leave A Response