Fakultas Kedokteran UMP Bangun Desa Binaan

Ditulis 04 Des 2017 - 10:50 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) membangun Desa Binaan di desa Bojongsari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas.

Hal ini sebagai wujud peran mahasiswa, yakni tiga peran penting sebagai iron stock, agent of chage, dan moral force. Sebagai moral force, mahasiswa memiliki peran dan fungsi moral terhadap segala sesuatu yang ada pada lingkungannya.

Hal itu telah dilakukan oleh Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Mereka mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk kegiatan desa binaan sebagai wujud dari pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi dan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Kegiatan ini diresmikan di Desa Bojongsari, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas, belum lama ini.

“Dengan adanya desa binaan dari mahasiswa Fakultas Kedokteran UMP diharapkan bisa meningkatkan dan menggiatkan semua kegiatan yang ada di Desa Bojongsari terutama dibidang kesehatan,” ujar Ani Kurnia Ketua Pelaksana kegiatan.

Kegiatan yang dilaksanakan berupa kegiatan bakti sosial dan penyaluran berbagai macam bantuan untuk lingkungan masyarakat sekitar desa, seperti bantuan sembako dan pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar.

“Dengan kegiatan ini, diharapkan kita bisa hidup sehat dan Insya Allah kehidupan kita lebih sejahtera, lebih bahagiya. Itu harapan kami dengan datangnya para mahasiswa kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto akan membuat masyarakat lebih sehat, sejahtera dan lebih bahagiya,” pungkasnya.

Kegiatan yang bersifat mulia dan membangun yang ditunjukkan oleh Fakultas Kedokteran UMP ini mendapatan sambutan dan apresiasi dari seluruh tokoh dan  masyarakat Desa Bojongsari. Mereka dengan antusias menghadiri dan mengikuti setiap acara yang berlangsung terutama bantuan yang diberikan untuk mereka.

“Terimakasih atas kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran UMP. Dimana tujuannya adalah untuk membina dari masyarakat desa Bojongsari yang mungkin perlu meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Memang di Desa kami masih kurang (menjaga kebersihan) karena kebiasaan yang kurang baik, seperti buang air disungai,” tutur Kepala Desa Bojongsari Tasun.

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dr. H. Syamsuhadi Irsyad MH menjelaskan, Program desa binaan untuk para Calon dokter mahasiswa Fakultas Kedokteran UMP, merupakan cara membiasakan lulusan dokter FK UMP di masa depan terbiasa melakukan praktek kerja di desa pada nantinya.

Menurutnya, kenyataan di Indonesia masih terjadi ketimpangan distribusi untuk tenaga kesehatan. “Banyak yang melakukan urbanisasi. Jadi, yang terjadi di Indonesia bukan kekurangan tenaga kerja di bidang kesehata,” katanya. (UMP/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response