Peringatan Hari AIDS Sedunia Fokus pada Deteksi Dini

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Purbalingga Heni Ruslanto menuturkan, peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2017 ini difokuskan pada upaya deteksi dini, melalui kegiatan Pekan Layanan Kesehatan khususnya layanan VCT atau tes HIV/AIDS.

Kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak 27 November 2017 dan akan berakhir pada 2 Desember 2017, pada semua layanan kesehatan masyarakat seperti 22 Puskesmas, laboratorium kesehatan, RSUD dr R Goeteng Tarunadibrata dan semua rumah sakit non pemerintah.

“Sampai Rabu kemarin (29/11/2017) berhasil melakukan tes kepada 1.159 orang secara sukarela, terdiri dari masyarakat umum, catin (calon pengantin), ibu hamil dan kalangan aparatur. Diantaranya, terdapat hasil tes yang reaktif sebanyak 3 orang,” katanya.

Ditambahkan Heni, diadakan pula sidak di sejumlah tempat karaoke dengan hasil negativ. Selain itu juga bakal dilakukan penyebaran leaflet dan penyematan logo merah HIV/AIDS pada dua perusahaan besar di Purbalingga.

Kegiatan ini akan dilakukan Sabtu (2/12/2017) di PT. Boyang Industrial dengan jumlah karyawan 6.300 orang dan PT. Tiga Putra Abadi Perkasa yang memiliki 800 karyawan.

Sementara pada 100 perusahaan lain, dibagikan poster sebagai media sosialisasi tidak langsung. Penyebaran poster juga dilakukan kepada pengelola obyek wisata, restoran dan hotel. Sebagai puncak acara akan diadakan upacara peringatan HAS pada 4 Desember 2017.

“Hari ini (30/11/2017), kita menyelenggarakan sosialisasi berupa Talk Show dengan menghadirkan sejumlah narasumber,” katanya.

Narasumber yang dihadirkan yakni Nurul Safaatun dari Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI), Ahmad Faizin (Yayasan Peduli Kasih), dr. Teguh dan dr. Agoes Meiarso, Sp.OG (RSUD Goeteng), dan dr. Hanung Wikantono, MPPM Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga. (BNC/PI-4)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*