Purbalingga Sambut Baik Pembangunan Pabrik Gula

BanyumasNews.com, PURBALINGGA –  Kepala Dinas Pertanian (Dinpertan) Purbalingga Ir. Lili Purwati menyambut baik rencana investasi pabrik gula di Purbalingga, yang akan dilakukan oleh pengusaha asal Tegal Bambang Sumardi.

Meski nantinya pabrik yang akan dibangun kapasitasnya tidak terlalu tinggi dengan kapasitas produksi 500 ton, namun jika ini terwujud bakal membangkitkan kembali gairah petani tebu di Kabupaten Purbalingga.

“Dengan kapasitas produksi 500 ton, pada tahap pertama dibutuhkan lahan sekira 500 hektar. Kami semangat lagi mengembangkan budidaya tebu yang saat ini sedang menurun,” katanya.

Dikatakan Lily, rencana investasi pabrik gula mini tersebut menjadi harapan baru bagi petani tebu di Purbalingga. Pasalnya saat ini para petani yang masih berproduksi merasa kesulitan melakukan penggilingan karena tutupnya sejumlah pabrik gula.

Saat ini petani tak lagi melakukan penggilingan di Pabrik Gula Sumberharjo Pemalang karena tutup. Sehingga petani harus melakukan penggilingan ke Madukismo Bantul, atau ke Banjaratma Brebes bahkan ke Tersana Baru Cirebon.

“Tentu kondisi ini tak menguntungkan karena petani harus mengeluarkan biaya operasional tinggi karena perjalananya jauh. Ini angin segar bagi petani dan kita berharap pabrik gula di Purbalingga terwujud,” jelasnya.

Terkait potensi pertanian tebu di Purbalingga, Lili mengungkapkan Kabupaten Purbalingga pernah memiliki luasan lahan tebu mencapai 1600 hektar pada musim giling 2012 – 2013.

Saat itu, produksinya mencapai rata-rata 750 kwintal per hektar. “Saat ini kita tinggal memiliki 500-an hektar dengan produktifitas yang rendah hanya sekitar 540 kwintal per hektar,” jelasnya.

Lili memastikan dengan adanya pabrik gula di Purbalingga, para petani akan bergairah kembali dan produktifitasnya juga otomatis akan meningkat. (BNC/PI-4)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.