Paduan Suara UMP Juara II di Art Vaganza

Ditulis 29 Nov 2017 - 08:54 oleh Banyumas1

Paduan Suara UMP Raih Juara dua di Art Vaganza STAN Jakarta

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Kelompok paduan suara Gema Surya Suara (GSS) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menoreh prestasi dengan menjadi juara dua pada kompetisi paduan suara Art Vaganza di Politeknik Keuangan Negara STAN, Tangerang Selatan.

GSS membawakan 2 buah lagu wajib Jingle Pajak dan Lagu pilihan Jaranan.

“Lagu Jaranan kami pilih karena beberapa alasan, yaitu karena lagu tersebut ialah lagu daerah Jawa Tengah, selanjutnya lagu tersebut bukanlah lagu yang mudah dan menantang untuk kami. Akhirnya kami pilih jaranan dan diulik serta diaransemen ulang menjadi aransemen yang keren,” ungkap Afid Gama Kurniawan Ketua GSS saat dihubungi, pada Selasa (28/11/2017).

Kostum dikenakan dalam lomba menggunakan pakaian khas Banyumasan warna oranye dengan menggunakan Properti Kuda Kepang atau biasa disebut Jaranan.

“Dari hal tersebut kami percaya aransemen dan koreografinya dapat dijadikan andalan melawan peserta lainnya dan kemudian kami bawakan ke Lomba Art Vaganza itu,” katanya.

Afid mengatakan, lawan beberapa kompetitor cukup sulit, yakni UNJ, UI, ITI, UHAMKA, dan STAN. Menurutnya, kemenangan GSS UMP diraih karena berbeda dengan yang lain.

“Kami rajin latihan, dan ketika lomba akan berlangsung kami latihan rutin dalam 3 minggu dan 1 minggu latihan intensif,” kata Afid.

Afid menambahkan, GSS UMP memiliki komposisi suara yang proporsional dan seimbang dengan jumlah tenor, bass, sophran, dan alto.

Dari paparannya, Afid mengatakan kemenangan yang diraih selain merasa senang dan bangga, GSS UMP juga semakin percaya diri untuk mengikuti kompetisi bergengsi lain.

“GSS UMP memang meiliki daya saing yang cukup tinggi terbukti dengan prestasi juara di STAN untuk melawan kompetitor kompetitor lain. Kemanangan yang kami raih juga merupakan campur tangan coach kami yaitu Bambang Waluyo S.Pd yang telah membimbing kami dan menjadikan kami bisa,” ungkapnya.

Ketua GSS mengajak seluruh mahasiswa UMP untuk bergabung bersama GSS untuk mengikuti latihan rutin GSS di setiap Selasa malam di Loby Rektorat. “Kita latihan supaya mahasiswa yang ingin ikut bisa menambah komposisi suara di GSS. Bisa cepat diolah dalam Paduan Suara Gema Surya Suara Universitas Muhammadiyah Purwokerto,” pungkasnya. (BNC/han/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response