Kantor pajak dipenuhi antrian penyerahan SPT tahunan

Ditulis 30 Mar 2010 - 23:25 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Menjelang batas akhir penyerahan SPT tahunan tanggal 31 Maret 2010, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di Jalan Gerilya Purwokerto pada Selasa (30/03) penuh sesak oleh mereka yang akan menyerahkan SPT  tahunan. Rupanya himbauan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati agar para wajib pajak semestinya sudah menyerahkan SPT tahunan, karena pada 31 Maret 2010 merupakan batas akhir penyerahan SPT tahunan tidak didengar para wajib pajak.

“Saya sudah mengantri selama hampir satu jam mas untuk menyerahkan SPT tahunan ini”, kata Ria karyawan swasta yang akan menyerahkan SPT-nya. Beberapa orang yang tidak mau lama mengantri, akhirnya pulang dan menyerahkan SPT tahunan di Kantor Pos di Jalan Jenderal Sudirman Purwokerto.

“Daripada mengantri lama, mending kirim dari sini mas, walaupun ada biaya pengiriman”, kata Sukardi, pegawai sebuah lembaga pembiayaan (leasing) yang sedang merapikan amplop berisi SPT untuk dikirim Selasa (30/03).

Antusiasme wajib pajak untuk menyampaikan SPT untuk orang pribadi dari tahun ke tahun semakin meningkat dan ada perbaikan. Menurut Menkeu Sri Mulyani di Jakarta baru-baru ini, sebelum tahun 2009, jumlah wajib pajak yang menyerahkan SPT masih 40 persen, namun pada akhir 2009, telah ada peningkatan kepatuhan pajak, sehingga wajib pajak yang menyerahkan SPT sudah mencapai 52,08 persen. Menurutnya, peningkatan itu diharapkan bisa terus dilaksanakan.

Kesadaran wajib pajak menyerahkan SPT rupanya tidak terpengaruh dengan ajakan boikot pajak sehubungan kasus markus pajak Rp. 25 milyar oleh pegawai pajak Gayus di Jakarta. Seorang karyawan perbankan dari  Banyumas secara ‘guyon’ mengatakan, bagaimana mau memboikot bayar pajak karena pajak langsung dipotong oleh perusahaan. Ia memilih rela antri menyerahkan SPT karena ‘takut’ kena denda.

Penuh sesaknya para wajib pajak mengantri penyerahan SPT menurut Sudaryanto semestinya diapresiasi oleh kantor pajak. “Mbok kita yang lagi kepanasan dikasih air mineral, kita kan warga negara yang baik”, katanya (BNC/puh)

Tentang Penulis

Leave A Response