Kwarran Baturraden Gelar Lomba Tingkat II

Ditulis 22 Nov 2017 - 03:47 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, BATURRADEN – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Baturraden mengadakan Lomba Tingkat (LT) II untuk Penggalang. Perkemahan LT II ini digelar selama 3 hari, Selasa-Kamis, (21-24/11/2017), bertempat di Lapangan Desa Pamijen, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas.

Acara dibuka oleh Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Budi Nugroho, S STP M Si. Dalam sambutanya ia mengatakan, lomba tingkat II merupakan bukti nyata keberadaan eksistensi kegiatan kepramukaan di Kecamatan Baturraden.

“Melalui kegiatan ini diharapakan generasi muda akan menjadi pribadi yang tangguh serta mandiri. Terlebih dengan digelarnya LT II ini, penggalang di Kwarran Baturraden dapat mengukur kecakapannya, serta dapat mengikuti event lomba di tingkat yang lebih tinggi bagi yang terbaik,” katanya.

Peserta LT II Baturraden

Ketua Kwarran Baturraden Sugiyanti, S Pd mengatakan LT II merupakan salah satu sarana pendidikan bagi Pramuka. Segala aktivitas lomba dikemas dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan penuh tantangan di alam terbuka, yang mencerminkan prinsip-prinsip dasar kepramukaan yang diselaraskan dengan alam lingkungan.

“Kegiatan yang bersifat lomba merupakan salah satu alat pendidikan yang efektif dalam merangsang dan memotivasi peserta untuk berprestasi dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran Gerakan Pramuka,” katanya.

Sugiyanti menambahkan berlomba dalam Gerakan Pramuka bukan untuk menang-menangan, tetapi yang lebih penting adalah untuk meningkatkan ketahanan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik peserta.

Karena lomba tingkat merupakan ajang kompetisi dan evaluasi, kualitas hasil pembinaan anggota Gerakan Pramuka golongan penggalang yang dilakukan selama ini, maka seluruh pangkalan SD/MI dan SMP/ se-Kecamatan Baturraden berperan serta dalam kegiatan ini.

LT II diikuti 56 regu terdiri dari 23 regu penggalang putra SD/MI dan 4 SD penggalang SMP/MTs serta 25 regu putri SD dan 4 regu putri SMP/MTs.

Lomba kali ini mengangkat tema “Meningkatkan kretaifitas dan sportifitas dalam pembentukan karakter generasi muda” semua peserta mengikuti berbagai lomba seperti pionering, pildacil, panorama, senam pramuka, penjelajahan, pentas seni dan juga api unggun. (BNC/kiriman Yuli Siswati)

Tentang Penulis

Leave A Response