Pramuka Baturraden Gelar Aksi Cabut Paku

Ditulis 20 Nov 2017 - 04:03 oleh Banyumas1

DKR Baturraden Gelar Aksi Cabut Paku

BanyumasNews.com – Dewan Kerja Ranting (DKR) Gerakan Pramuka Baturraden, Kabupaten Banyumas, bersama Gugus Depan Gatot Subroto dan Cut Mutia pangkalan SMA N Baturraden, menggelar aksi peduli lingkungan dengan melakukan pembersihan reklame dan pencabutan paku di pohon tepi jalan. Kegiatan diikuti belasan pramuka penegak dan pandega, Minggu (19/11/2017) di Jalan Raya Barat Baturraden.

Ketua DKR Undang Ma’ruf mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan kegiatan peduli lingkungan dan merupakan pengamalan dari Dasa Darma.

“Kegiatan ini merupakan bentuk aksi dan keprihatinan dari DKR Baturraden karena melihat masih maraknya pemasangan iklan dan reklame yang dipaku dipohon sekaligus pengamalan dasa darma yang kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,” katanya.

Undang melanjutkan bahwa lokasi aksi pembersihan reklame dan cabut paku dilaksanakan di sepanjang jalan raya Baturraden barat sekitar desa Pamijen. Puluhan reklame berhasil dibersihkan dan paku pun berhasil mereka cabut.

Selain pembersihan reklame dan cabut buku mereka juga memasang papan himbauan agar tidak memasang reklame yang dipaku langsung pada pohon.

“Pohon begitu banyak manfaatnya untuk kita, Selain sebagai keindahan dan pohon peneduh, juga sebagai sumber oksigen dan penahan banjir, apabila dipaku pasti akan menggangu perkembangannya bahkan bisa mati”, tambah Undang.

Riska Wulandari peserta aksi dari SMA Negeri Baturraden mengungkapkan hal senada, untuk itu ia berharap pemasang iklan hendaknya bersikap bijak.

“Saya berharap masyarakat pemasang iklan atau reklame dengan bijak memasangnya, dengan tidak mencari cara mudah dengan memakunya dipohon, karena begitu begitu banyak manfaat pohon untuk kehidupan” katanya. (BNC/pars)

 

Tentang Penulis

Leave A Response