Jalan rusak Prupuk – Ketanggungan segera diperbaiki

Ditulis 29 Mar 2010 - 05:40 oleh Banyumas1

TEGAL – Anda warga Banyumas yang sering bepergian ke Jakarta / Cirebon melalui jalur Prupuk – Pejagan Brebes? Anda tentu tidak nyaman ketika melewati KM 102 – KM 105 karena jalan yang bergelombang dan rusak akibat sering tergenang air dan tanah yang labil.

Namun kerusakan itu awal pekan ini segera diperbaiki. Jalur vital yang menghubungkan pantura dan Jateng bagian selatan itu menurut Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Wilayah Tegal, Jawa Tengah awal pekan ini akan diperbaiki dengan anggaran Rp. 1,8 miliar untuk perbaikan jalan sepanjang 28,1 kilometer.

Kepala BPT Bina Marga Wilayah Tegal, Hanung Triyono, di Tegal, Minggu (28/03) mengatakan, saat ini pihaknya melaksanakan tahapan perbaikan atas kerusakan jalan di jalur selatan antara Ketanggungan hingga Prupuk. Namun, sebagian ruas jalan lainnya masih dalam pendataan.

“Kami perkirakan pada awal minggu ini proyek perbaikan sudah dapat dilaksanakan karena sudah mulai pengecekan dan pendataan jalan yang rusak. Kondisi jalan di jalur selatan yang rusak di KM-102 hingga KM -105 kondisi tanah yang labil sehingga jalan cepat rusak,” imbuhnya.

Selain itu curah hujan yang relatif tinggi dan kerusakan lingkungan di tepi jalan itu diakibatkan oleh  proyek penambangan bahan galian golongan C.

“Hampir semua jalan di jalur sepanjang Ketanggungan-Prupuk kini dalam kondisi rusak karena air hujan yang menggenang di lokasi penambangan bahan galian golongan C mengalir ke jalan,” jelasnya.

Karena itu, Bina Marga meminta kepada pemilik penambangan untuk membuat saluran air secara memadai agar air hujan tidak mengalir ke badan jalan. “Kami juga telah mengimbau kepada pengusaha penambangan untuk melakukan penghijauan agar kondisi lingkungan tetap terjaga sehingga tanah tidak mudah tergerus oleh air hujan,” tandasnya. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response