Satu siswa SMP Banjarnegara akan kerjakan UN di ruang khusus Polres

Ditulis 28 Mar 2010 - 18:04 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Seorang  siswa SMP di Banjarnagera terpaksa akan mengerjakan soal ujian nasional (UN) yang dilaksanakan mulai besok (29/03) di ruang khusus yang disediakan Polres setempat. Hal ini karena ia (inisial S) menjadi salah satu dari tiga pencuri yang ditahan polisi terkait kasus pencurian computer di sekolahnya, SMP Negeri 4 Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Mereka adalah siswa dengan inisial S, E dan ES, yang kini ditahan di Polres Banjarnegara. Dari ketiganya polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa, dua unit minitor, CPU dan keyboard serta satu speaker aktif.

Kapolres Banjarnegara, AKBP Nelson Pardamean Purba SIK mengatakan para tersangka menjalankan aksinya pada hari Minggu 14 Maret lalu dengan masuk melalui jendela ruang perpustakaan sebelum masuk ke lab komputer. “Mereka masuk ke ruang laboratorium komputer melalui lubang eternit. Di  ruangan itu, para pelaku sempat bermain game pada komputer  sebelum mereka mencurinya,” ujar AKP Agus Sembiring di kantornya, kemarin (27/03).

Ulah mereka berhasil ditangani aparat polisi setelah polisi melakukan penyelidikan, ditambah dengan informasi dari masyarakat. Kepada aparat, para pelaku mengaku  mencuri karena ingin memiliki uang untuk jajan. Sebelumnya tersangka S mengaku pernah mencuri play station (PS) di sebuah tempat rental PS di kota yang sama (Wanayasa).

S  yang masih bersatatus pelajar kelas 3 tetap akan diebrikan kesempatan ikut UN. Menurut AKP Agus Sembiring, untuk memberi kesempatan mereka  mengerjakan soal UN,  Polres telah menyiapkan ruang khusus. “Kami telah berkoordinasi dengan pihak sekolah agar mereka tak kehilangan hak mengikuti UN,” katanya.

Ketiganya terancam hukuman maksimal 9 tahun penjara karena terbukti melanggar pasal 363 huruf 3e, 4e, dan 5e tentang pencurian dengan pemberatan.(BNC/puh/git)

Tentang Penulis

Leave A Response