Tanggul Jebol di Sumpiuh, Rumah Warga Tergenang

Ditulis 11 Okt 2017 - 14:34 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, SUMPIUH – Hujan deras yang terjadi pada Rabu (11/20/2017) pagi telah mengakibatkan tanggul jebol di Desa Karanggedang, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Hujan deras di wilayah Kecamatan Sumpiuh terjadi sejak Selasa malam sampai Rabu pagi, menyebabkan Sungai Reja meluap. Selain itu, menyebabkan tanggul jebol dengan panjang 10 meter dan tinggi 1,2 meter.

Air sungai Reja meluap menggenangi rumah warga di wilayah RT 03 RW 01 (25 rumah), RT 04 RW 01 (10 rumah), RT 02 RW 01 (15 rumah). Bahkan satu keluarga atas nama Cokro (70 th) diungsikan karena tepat di aliran tanggul yang jebol.

Tanggul Sungai Reja Sumpiuh jebol

Air luapan Sungai Reja menggenangi sejak pukul 06.30 hingga 10.30 WIB. Tindakan yang dilakukan warga mulai membersihkan rumah-rumah sendiri dari kotoran luapan Sungai Reja.

Sementara itu, relawan gabungan terdiri dari TAGANA Kabupaten Banyumas, BPBD Kabupaten Banyumas, PMI Kabupaten Banyumas, PRAMUKA Peduli, Serayu Rescue, LINMAS Inti SATPOLPP, KORAMIL Sumpiuh melakukan penambalan tanggul yang jebol menggunakan karung bantuan dari BBWSO.

Menurut Ady Candra, komandan Tagana Banyumas, saat ini kondisi sudah kondusif, tidak ada pengungsi. “Warga telah melaksanakan pembersihan rumah secara mandiri”, katanya. (BNC/nan)

Tentang Penulis

Leave A Response