Jakarta Bertekad Jadi Kota Mice

Ditulis 05 Okt 2017 - 06:47 oleh Banyumas1

Targetkan Dongkrak Wisatawan Mancanegara, Jakarta Perkuat Sebagai Kota Mice

BanyumasNews.com, JAKARTA – Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta,  Tinia Budiati, bertekad menjadikan Jakarta sebagai Kota Mice. Pasalnya tingginya laju wisatawan mancanegara berbanding lurus dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Terlebih peluang tersebut kian besar, pasca adanya kesepakatan MEA Tahun 2016 sebagai peluang industri Mice di Jakarta.

“Kenapa wisata Mice, karena Jakarta tidak punya kekayaan alam atau budaya seperti provinsi lain. Jakarta berbeda dengan provinsi lain. Semoga dengan destinasi Mice ini juga sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah pusat. Target tahun 2019 20 juta wisatawan mancanegara dengan kontribusi DKI Jakarta sebesar 5 juta atau 25 %,” kata Tinia, saat ditemui di acara Seminar Forum Infrastruktur Jakarta, di Auditorium Arifin Panigoro, Universitas Al- Azhar Jakarta.

Lebih lanjut Tinia menjelaskan, adanya kemerosotan jumlah Wisman (Wisatawan Mancanegara) pada tiap tahunnya. Tercatat dua tahun terkhir, ada penurunan dari tahun 2016 mencapai sekitar 2,5 juta wisman, sedangkan pada tahun 2017 ini hanya mencapai kisaran 1 juta wisman.

“Dunia pariwisata Jakarta memang secara umum sedang mengalami kemerosotan, itu yang harus kita dorong terus ke depan,” imbuh Tinia.

Dirinya memaparkan kondisi pertumbuhan destinasi wisata Jakarta terbilang lamban dibanding kota atau provinsi lainnya. Hal ini menurutnya bisa disebabkan beberapa hal seperti adanya penerbangan langsung (direct flight) ke destinasi wisata provinsi atau kota maupun kapubaten di luar Jakarta, kurangnya festival budaya berskala nasional dan internasional, juga terbatasnya publikasi dan promosi pariwisata.

Seperti diketahui Seminar Forum Infrasturuktur Jakarta diselenggarakan oleh Jakarta Research and Public Policy (JRPP). Momentum tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno, perwakilan Pemerintah DKI Jakarta, sejumlah pengusaha dan tokoh. (BNC/*)

Tentang Penulis

Leave A Response