Batik Tulis 60 Meter Ikut Pawai Hari Batik di Purwokerto

Ditulis 02 Okt 2017 - 15:11 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Ada yang menarik perhatian dalam pawai batik menyambut Hari Batik Nasional di Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (02/10/2017) pagi menjelang siang. Batik tulis sepanjang 60 meter ikut diarak dalam pawai menyusuri jalan protokol Purwokerto.

Motif batik Banyumasan dikenal menjunjung tinggi nilai kebangsaan, punya ciri pedalaman dan bukan pesisir, khas pedalaman adalah corak lebih gelap dengan gambar tegas dan lugas yang punya filosofi apa adanya khas warga Banyumas.

Usai mengikuti upacara Hari Batik Nasional di alun-alun, para peserta melanjutkan dengan pawai jalan kaki, dengan route Jl Jenderal Sudirman, Jl Merdeka, Jl Gatot Subroto, Jl Masjid dan kembali ke Alun-alun Purwokerto. Kain batik tulis terpanjang ikut serta dalam pawai itu.

Pawai batik Banyumasan

Pawai juga diisi produk khas Banyumas oleh sejumlah instansi pemerintah, swasta hingga pelajar. Ratusan warga lalu berjalan berarak-arakan yang dilepas langsung Gubernur Ganjar Pranowo.

Kain batik sepanjang 60 meter menyita perhatian warga dalam Peringatan Hari Batik Nasional itu. Kain batik pewarnaan dasar hitam pekat dengan corak bunga keemasan itu diarak ratusan warga di Alun-alun Purwokerto.

Batik khas Banyumasan itu dibuat khusus oleh Bupati Banyumas, Achmad Husein, Wakil Bupati, Deskranada, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, pengrajin batik Banyumas hingga siswa SMA 1 Sokaraja.

Batik ini dibuat selama setahun sejak peringatan Hari Batik Nasional pada Oktober tahun 2016. Wow! (BNC/Parsito)

Tarian hari batik di alun-alun Purwokerto

Tentang Penulis

Leave A Response