BPOM kembali merazia sentra jamu Gentasari

Ditulis 25 Mar 2010 - 20:09 oleh Banyumas1

CILACAP – Sentra perajin dan produksi jamu di Gantasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, kembali dirazia oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Ribuan bungkus jamu yang mengandung bahan kimia obat (BKO) yang siap diedarkan beserta peralatan yang digunakan untuk produksi jamu, diamankan oleh Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Pemilik usaha jamu Gentasari yang telah dimintai keterangan adalah Ry dan Ed, yang selanjutnya akan diproses menjadi tersangka.

Menurut keterangan Kepala BPOM Semarang, Supriyanto Utomo, Kamis (25/03), jamu dan peralatan yang diamankannya merupakan hasil razia pada tiga tempat yang dilakukan  pada Rabu (24/03). Kandungan bahan kimia obat (BKO) terdiri paracetamol, dexametason dan fenilbutason.

Pada hari sebelumnya, yaitu pada Selasa (22/03)  Polres Cilacap menggerebek sentra industri jamu berbahan kimia obat (BKO) di Desa Kalikudi, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

“Mereka akan kami jerat dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Kesehatan dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun dan denda Rp1 miliar,” kata Kepala BPOM Semarang Supriyanto Utomo, Kamis (25/03).

Barang bukti yang disita berupa tiga karung berisi 150 ribu butir lebih tablet jamu tanpa izin dari Kementerian Kesehatan, enam ember serbuk jamu yang merupakan sisa atau ampas dari ramuan jamu tradisional dan satu unit mesin press, serta sejumlah alat lainnya. Menurut Kapolres Cilacap, AKBP Guruh Ahmad Fadiyanto, pemilik usaha yang telah dijadikan tersangka adalah MRA, warga Purwokerto Utara, yang dijerat dengan pasal 169 UU Kesehatan No. 36 Th 2009 dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara. (BNC/ist)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Desa Gentasari 04/04/2012 pukul 15:29 -

    Urusan jamu telah menyita perhatian besar publik atas desa gentasari. Kenyataannya di wilayah kami adem-ayem dari hiruk-pikuk itu, Anda bisa berkunjung ke http;//gentasari.or.id untuk melihat kreativitas warga kami. Mari pergunakan informasi untuk pembangunan dan pemberdayaan desa. Salam hormat

Leave A Response