Batik Kebumen di mata Poppy Dharsono

Ditulis 24 Mar 2010 - 13:28 oleh Banyumas1

KEBUMEN – Batik Kebumen ternyata sangat menarik baik dilihat dari sisi motif maupun seni pewarnaannya. Ungkapan kekaguman itu datang dari bukan sembarang orang. Pernyataan itu datang dari seorang designer terkenal di negeri ini, yang kini menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI: Poppy Susanti Dharsono., mewakili Jawa Tengah.

Dalam kunjungan kerjanya untuk mengisi masa reses 2010, ia menyempatkan berkunjung ke sentra batik Kebumen yaitu Kelompok Perajin ‘Mawar’ di desa Jemur, Kecamatan Pejagoan, Kebumen, Selasa (23/03).
Karena motif yang khas itu, ia pun minta agar pakem-pakem asli yang sudah ada dilestarikan dengan komitmen yang tinggi, karena bisa menjadi ciri khas batik Kebumen.

”Tolong pakem-pakem asli ini dilestarikan”, katanya

Ia terpesona dengan batik-batik tulis yang dipajang di show room kelompok Mawar. Menurut Poppy batik Kebumen bermotif asli, khas, dan cenderung ramai dan rumit motif. Hal ini menimbulkan kesan yang tidak sederhana dan seadanya, juga memiliki kekayaan warna yang beragam dalam satu kainnya, yang tentu saja menggambarkan hasil pengerjaan yang serius. Tak lupa Poppy menularkan pengalamannya bergelut dengan dunia batik kepada perajin melalui kiat-kiat penuangan motif dan warna ke atas kain batik.

Poppy pun memborong berbagai kain batik Kebumen dan berjanji akan memonitor perkembangan batik Kebumen serta akan menjajaki kerja sama dalam jaringan, asal dapat memenuhi criteria dan segmen batik yang dikehendakinya. Ini tentu saja menuntut disiplin dan komitmen dari pera perajin batik Kebumen. (BNC/ist/rin)

Poppy Dharsono

Poppy Dharsono

Tentang Penulis

Leave A Response