Kali Kranji digelontor 100 ribu benih ikan

Ditulis 22 Mar 2010 - 19:53 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Kali Kranji yang membelah kota kripik Purwokerto, mendapat perhatian dari Pemkab untuk pemanfaatan budi daya ikan. Melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Dinnakan), Pemkab menebar 100.000 benih ikan, dengan tema ”One Man Thousand Fries (Satu Orang Seribu Benih)”.

Bupati Banyumas Mardjoko memimpin sendiri acara penebaran benih baru-baru ini. Jenis benih ikan yang ditebar adalah ikan mujair nila dan tawes.

Dalam sambutannya, Bupati mengungkapkan, maksud penebaran benih ikan di sungai-sungai di Kabupaten Banyumas adalah untuk membersihkan sungai. Bupati menjelaskan, dengan ditebarnya ikan di sungai, maka sungai-sungai akan menjadi bersih karena ikan-ikan akan memakan ganggang, lumut dan hewan-hewan kecil yang menyebabkan sungai keruh.

Bupati juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar bisa mewujudkan pola hidup bersih, tertib dan rapi, serta tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

Selain berterima kasih atas penebaran benih ikan, secara khusus masyarakat Kranji juga mengharapkan Pemkab untuk melakukan normalisasi sungai Kranji dengan melakukan pengerukan terhadap sedimen sungai yang telah menumpuk. Usul ini direspon Bupati dengan akan menginstruksikan kepada jajaran Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (SDABM) untuk menindaklanjutinya. (BNC/ist/hum)

ilustrasi

ilustrasi

Tentang Penulis

Leave A Response