Hari ini UN SMA digelar, PGRI minta pemerintah antisipasi kegagalan

BANYUMAS – Mulai hari ini Ujian Nasional (UN) tingta SMA dan sederajat (SMK/MA) digelar secara serentak di seluruh Indonesia, termasuk sekolah-sekolah yang ada di Purwokerto, Kabupaten Banyumas dan sekitarnya.

Menyambut UN tersebut Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) berpendapat pemerintah seharusnya mempersiapkan kemungkinan kegagalan siswa dalam mengikuti ujian nasional (UN) Tahun 2010. Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PGRI, Sulistyo, di Semarang, Minggu(21/03), mengatakan bahwa UN tahun 2010 adalah UN transisi, yakni yang diselenggarakan pascakeputusan Mahkamah Agung (MA), yang menyebutkan, UN tidak dilakukan sebelum dilaksanakan peningkatan kualitas guru, dipenuhinya sarana dan prasarana serta adanya sistem informasi yang memadai.

“Keputusan tersebut juga meminta agar pemerintah menanggulangi dampak negatif berupa tekanan psikologis dan tekanan mental akibat kegagalan siswa dalam mengikuti UN,” katanya.

Sulistyo mengatakan, UN harus melakukan sejumlah perbaikan diganti dengan sistem baru dan tetap memperhatikan kualitas dalam penyelenggaraan UN tahun 2011.

Terkait proses pendistribusian soal UN 2010 dari PT Pura Barutama Kudus ke Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas yang tiba Sabtu (20/03) berjalan lancar. Pendistribusian soal dan lembar jawaban dikawal ketat aparat kepolisian. (BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.