Purbalingga Targetkan Rehab 4 Ribu RTLH

Ditulis 12 Agu 2017 - 06:57 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) menjadi program utama pengentasan kemiskinan di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Setelah tahun 2016 lalu berhasil direhab lebih 3.000 RTLH, tahun 2017 ini Pemkab Purbalingga menargetkan merehab 4000 RTLH.

Guna mendukung program tersebut, telah disiapkan anggaran Rp 20,2 miliar yang dapat merehab sedikitnya 2.020 rumah. Sedangkan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah tahun ini membantu Rp 10,5 miliar rupiah untuk merehab 1.050 rumah.

“Jadi untuk rehab RTLH tahun ini yang berasal dari dana APBD dan bantuan pemprov jumlahnya baru 3.070 rumah, artinya masih ada kekurangan 930 rumah dari yang ditargetkan. Untuk itu saya minta sengkuyung seluruh OPD, Kecamatan dan juga Pemerintahan Desa untuk bersama-sama berpartisipasi demi suksesnya rehab 4000 RTLH tahun ini. Saya mohon seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah-red) minimal berpartisipasi merehab 1 RTLH,” kata Bupati Tasdi saat pencanangan program rehabilitasi RTLH Kabupaten Purbalingga tahun 2017, di halaman Balai Desa Kemangkon, Jum’at pagi (11/08/2017).

Bupati Tasdi ikut terjun rehab rumah tidak layak huni (RTLH)

Partisipasi dari seluruh OPD dan jajaran pemerintahan sampai dengan desa, lanjut Bupati Tasdi, adalah bentuk kontribusi pengentasan kemiskinan di kabupaten Purbalingga. “Jajaran pendidikan utamanya utamanya SMP Negeri dan swasta tahun lalu sudah menunjukan partisipasinya. Tahun ini mari kita lanjutkan kembali. Termasuk jajaran BUMN/BUMD, Ormas, PKK dan Dharma Wanita dan pihak swasta lainnya. Camat saya minta berpartisipasi 1 RTLH. Silahkan dilakukan pencanangan di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Kegiatan pencanangan rehabilitasi RTLH tahun 2017, menurut Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Ir. Zaenal Abidin MM. sedianya akan dilaksanakan tanggal 27 Juli 2017, namun baru bisa dilaksanakan sekarang. Pencanangan ditandai dengan pemukulan kentongan secara serentak dan penyerahan alokasi anggaran Rehab RTLH secara simbolis kepada Camat Kemangkon Drs. Muh. Nurhadi, MM. (BNC/PI-4/PI-5).

 

Tentang Penulis

Leave A Response