Harmoni Kerontjong Moeda Gelar Lomba Menyanyi Keroncong

Ditulis 06 Agu 2017 - 19:16 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com –  Harmoni Kerontjong Moeda (HKM) Purbalingga bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Purbalingga akan mengadakan lomba menyanyi keroncong. Lomba tersebut digelar untuk ikut turut serta meramaikan HUT RI ke 72.

Ketua HKM, Canggih Finalti mengatakan kegiatan lomba keroncong akan dibuka sejak tanggal 1-10 Agustus dikhususkan untuk anak muda, yakni kalangan anak SMP, SMA/SMK. Hal tersebut dikarenakan sekarang musik keroncong di kalangan anak muda kurang mendapatkan perhatian, sehingga lomba ini diharapkan dapat memberikan manfaat agar seni keroncong tetap lestari.

“Banyak anggapan dari anak muda tentang musik keroncong tidak kekinian, mereka lebih suka dengan musik-musik barat yang notabene bukan asli musik dari Indonesia,” kata Canggih yang sering dipanggil Icang, Minggu (5/8/2017).

Lomba, lanjut Icang, akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2017 bertempat di Pendopo Cahyana, Komplek Perumahan Wakil Bupati. Kemudian untuk temu teknik sekaligus pengambilan nada dasar akan dilaksanakan pada 12 Agustus mulai jam 08.00 WIB di Pendopo Cahyana.

“Peserta akan membawakan 1 lagu dari 6 lagu yang disediakan yakni langgam (lgm) Pahlawan Merdeka, lgm Ditepinya Sungai Serayu, lgm Bengawan Solo, lgm Dibawah Sinar Bulan Purnama, lgm Rangkaian Melati, keroncong Tanah Airku,” jelas Icang.

Icang menambahkan setiap sekolah bisa mendaftarkan siswa didiknya baik putra maupun putri sebanyak-banyaknya karena peserta lomba tidak dibatasi. Untuk keterangan lebih lanjut peserta bisa menghubungi Dindikbud Purbalingga bidang kebudayaan setiap jam kerja.

“Saat lomba peserta akan diiringi Grup Musik HKM,” pungkasnya. (BNC/HI-2)

Tentang Penulis

Leave A Response