Salibu dan Superbodi Tingkatkan Pendapatan Petani

Ditulis 06 Agu 2017 - 02:24 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com – Unsoed bersama Bank Indonesia mengadakan Sarasehan Pengendalian Inflasi di Sektor Pertanian dan Studi Banding Salibu – Superbodi pada Kamis (3/8/2017) di Sekretariat Kelompok Tani Rukun Tani, Desa Gandrungmanis, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Acara Sarasehan Pengendalian Inflasi di Sektor Pertanian dan Studi Banding Salibu – Superbodi dihadiri oleh
Dosen Fakultas Pertanian Unsoed Prof. Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, M.P.,Ph.D. (Direktur Program Pascasarjana Unsoed), Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Ramdan Denny Prakoso, Ir.Susilan (Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap), Penyuluh dan Petani Kecamatan Gandrungmangu, tamu khusus yaitu penyuluh dan petani dari Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga.

Prof Ir Totok Agung (kanan)

Humas Pascasarjana Unsoed Alief Einstein mengatakan, sarasehan ini digelar untuk membangun pemahaman bahwa penerapan teknologi mampu meningkatkan produksi, produktivitas dan pendapatan masyarakat, sehingga memiliki daya tahan yang lebih terhadap inflasi.

“Penguasaan teknologi yang diaplikasikan oleh masyarakat setempat pasca Program Pembangunan Pertanian Terpadu antara Bank Indonesia (BI) dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), merupakan bukti keberhasilan adopsi teknologi yang telah dikenalkan pada tahun 2016, sehingga nantinya diharapkan dapat mendukung peningkatan kesejahteraan yang berkelanjutan”, katanya.

Dalam sarasehan tersebut terungkap hasil panen petani Desa Gandrungmanis, Kecamatan Gandrungmangu, yang bermitra dengan perusahaan benih telah didistribusikan ke berbagai wilayah Indonesia. Salah satu distribusi di antaranya 25 ton ke Kabupaten Darmasraya, Provinsi Sumatera Barat yang pada tahun 2017 mengembangkan Inpago Unsoed 1.

Kebutuhan benih untuk Kabupaten Darmasraya mencapai lebih dari dua puluh lima ton. Petani Gadrungmanis memproduksi benih bersertifikat Inpago Unsoed 1 dengan pendampingan teknologi dari tim UNSOED dan bermitra dengan Perusahaan Benih Great Quality Seed. (BNC/*)

Tentang Penulis

Leave A Response