Festival Serayu 2017 Meriah, Puluhan Perahu Penambang Pasir Jadi Ajang Promosi

Ditulis 31 Jul 2017 - 17:31 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com – Puluhan perahu penambang pasir meramaikan kegiatan Festival Serayu 2017 yang digelar di Banyumas, Jawa Tengah, Minggu (30/07/2017). Perahu yang biasa dipakai menambang pasir di sungai Serayu itu dihiasi berbagai macam ornamen, antara lain anyaman daun kelapa (blarak), umbul-umbul dan bendera.

Peserta festival dibebaskan berkreasi menghias perahu mereka. Ada yang menghiasi dengan bentuk kepala burung pada bagian depan perahu dan sayap di lambungnya. Ada pula yang menggunakan maskot wayang Bawor, tokoh wayang khas Banyumas.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein yang membuka festival mengatakan, lomba perahu hias ini juga menjadi kesempatan bagi sejumlah produk, kuliner, dan event organizer dan sejumlah instansi.

Perahu-perahu hias ini selanjutnya mengikuti pawai dengan mengarungi sungai Serayu sejauh 21 km, yakni dari desa Sokawera, Kecamatan Patikraja, menuju Bendung Gerak Serayu di desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo.

Bupati Banyumas menambahkan pemilihan tempat ini dirasa tepat, karena pemandangan alam di sekitar sungai Serayu sangat indah. “Apalagi dengan adanya jembatan kereta api sepanjang 500 meter yang melintas di atas sungai Serayu”, katanya.

Supardi, salah satu peserta lomba, mengatakan lokasi ini juga strategis karena berada di pinggir jalan raya Purwokerto – Cilacap. Untuk dapat menyaksikan, warga cukup duduk-duduk di tepian sungai Serayu tersebut. (BNC/nan)

Tentang Penulis

Leave A Response