Pembangunan PLTU Bunton ditunda

PLTU Cilacap 1
PLTU Cilacap 1

CILACAP – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jateng 2 yang berlokasi di desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah kembali ditunda. Semula proyek PLTU berkekuatan 660 MW dan menelan biaya US$ 625 juta (+/- Rp. 1.89 Trilyun) akan dimulai 2008, kemudian diundur 2009, diundur lagi 2010. Dan kini ditunda lagi untuk tahun 2011.

Hal itu terungkap dari keterangan Plt Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji kepada media kemarin (Jum’at, 19/03). Tatto mengaku belum lama ini bertemu dengan PLN Dahlan Iskan, dan memperoleh kabah kalau pelaksanaan proyek PLTU Bunton ditunda sampai tahun depan. Tidak dijelasakan alasan penundaan tersebut.

Plt Bupati lebih lanjut menambahkan keberadaan PLTU Jateng 2 di Desa Bunton sangat menguntungkan Cilacap, disamping dapat menunjang pendapatan daerah dan menyerap banyak tenaga kerja, baik dalam proses pembangunan maupun setelah beroperasi nantinya. Lokasi itu pun sangat potensial menjadi tempat wisata.

Sebelum pembangunan PLTU, untuk antisipasi dampak lingkungan Pemkab telah meminta penghijauan di safety belt. Hal ini agar kasus polusi debu sebagaimana yang terjadi di PLTU I tidak terulang dan dapat diantisipasi.

Proyek PLTU 2 berlokasi di sebelah timur Kota Cilacap dan bersebelahan dengan PLTU Cilacap 2 x 300 MW milik PT S2P, yang hanya dipisahkan oleh muara Sungai Serayu. Proyek ini menggunakan lahan seluas 50 hektar, berasal dari tanah eks penduduk 30 ha dan tanah TNI AD 20 ha. (BNC/ist/mi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.