Berharap kejutan dari gelar budaya hari jadi Banyumas

BANYUMAS – Seremonial hari jadi Kabupaten Banyumas yang saban tahun diadakan, apakah akan mendatangkan hal baru atau surprise pada peringatan tahun ini? Apakah gelar budaya akan hanya menampilkan kesenian ’itu-itu saja’?

Drs. Khaerul Zubair, MM, kabag Kesra Setda Banyumas, menjanjikan adanya perbedaan dalam gelar budaya tahun ini. ”Ada beberapa perbedaan yang menarik seputar pelaksanaan Gelar Budaya Hari Jadi Ke – 428 Kabupaten Banyumas Tahun 2010 ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” demikian dikatakan baru-baru ini terkait dengan rangkaian Gelar Budaya Hari Jadi ke – 428 Banyumas.

Perbedaan pertama adalah Prosesi Kirab pada 4 April 2010 yang akan memadukan rangkaian kirab kereta kencana Bupati dan Muspida, anggota DPRD, para pejabat, dan pawai seni budaya unggulan Banyumas seperti lengger, cowongan, rengkong, dan lainnya.

Prosesi kereta kencana Bupati dan kereta Muspida beserta semua penampil seni budaya unggulan Banyumas akan dimulai dari Jalan Jenderal S. Parman sekitar Bioskop Rajawali kemudian menuju ke utara, berbelok kanan di Perempatan Sri Maya sampai di Pendopo Wakil Bupati. Di sini akan bergabung dengan iringan Kirab Pusaka dan pawai jalan  kaki para pejabat lingkup Pemkab Banyumas menuju ke Pendopo Bupati.

”Semua pejabat eselon II dan eselon III.a diwajibkan memakai beskap bermotif Batik Banyumasan, sedangkan untuk pejabat eselon III.b dan IV memakai beskap hitam,” jelas Khaerul Zubair.

Perbedaan kedua adalah pada saat ziarah tanggal 5 April 2010 ke makam pendiri Banyumas, R Joko Kahiman atau Adipati Warga Utama II atau Adipati Mrapat,  di Makam Dawuhan, Kecamatan Banyumas. Para pejabat yang hadir tidak memakai beskap, namun batik Banyumasan, dan semua instansi yang hadir membawa nasi tumpeng untuk disajikan bersama-sama.

“Perbedaan ini dilandasi tema peringatan Gelar Budaya Hari Jadi yang mengandung unsur semangat kebersamaan. Semua itu dilandaskan pada harapan Bupati untuk menampilkan beragam kesenian dan kebudayaan khas dan unggulan Banyumas, termasuk batik Banyumasan” demikian lanjutnya.

Tema  Gelar Budaya Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-428 Tahun 2010 adalah : “Dengan Hari Jadi Ke-428 Kabupaten Banyumas Kita Tingkatkan Semangat Kebersamaan Dalam Pembangunan“. (BNC/ist/hum)

Salah satu penampilan dalam gelar budaya
Salah satu penampilan dalam gelar budaya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.