Ratusan warga di Salem terisolasi karena longsor

Ditulis 16 Mar 2010 - 20:35 oleh Banyumas1

BUMIAYU – Ratusan warga terisolasi akibat tanah longsor yang menimpa satu-satunya jalan penghubung Desa Ciputih dan Ganduang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Kegiatan perekonomian warga terhambat karena tidak ada sarana transportasi menembus desa itu untuk membawa hasil pertanian setempat keluar desa.

Lokasi longsor di ruas jalan Dukuh Wangkalmalang, Desa Ciputih, di dekat Sungai Cigunung, sepanjang 15 meter dan lebar empat meter sehingga sulit untuk dilalui kendaraan.

Badrudin, seroang warga mengatakan kepada kontributor BNC, Senin (15/03) tanah longsor yang terjadi belum lama ini mengakibatkan warga setempat terisolasi karena kesulitan dalam akese jalan menuju daerah lainnya. Upaya warga yang telah dilakukan adalah membuat jembatan darurat dengan dibantu Koramil Salem. Namun kondisi tanah labil, sehingga jembatan darurat yang dibuat dari bamboo pun ikut ambruk.

Dinas terkait sudah meninjau lokaso tersebut setelah ada laporan dari desa ke kecamatan, dan diteruskan ke Pemkab Brebes. Namun lokasi yang terpencil dan jauh dari ibu kota kabupaten membuat penanganan bencana belum dilakukan. (BNC/ist/puh)

Tentang Penulis

Leave A Response