Taswan: Dulu Glopot Oli, Kini Ketua DPRD Cilacap

Ditulis 07 Jul 2017 - 06:26 oleh Banyumas1

Ketua DPRD Cilacap Taswan memang sosok low profile. Ia selalu merakyat, apa adanya, dan tidak ingin elitis. “Ïnyong kaya kiye baen, ora pengin eksklusive (Saya seperti ini saja, tidak ingin eksklusif),” ujarnya saat ngobrol.

Lelaki yang dulu bergelut dengan perbengkelan motor, tangannya selalu glopot oli (kotor dengan oli – red), siapa mengira bakal jadi politisi wakil rakyat, apalagi menduduki jabatan bergengsi Ketua DPRD Kabupaten Cilacap. Tapi Allah SWT memiliki skenario sendiri. Dialah yang akan mengangkat derajat seseorang.

Taswan bersama anak dan isteri

Taswan Taswireja, begitu nama di akun facebook-nya. Sosok lelaki tinggi besar yang berwajah kalem ini baru beberapa bulan dilantik jadi Ketua DPRD Cilacap menggantikan Taufik Nurhidayat. Sebagai seorang berlatar belakang pengusaha kecil, dia berkomitmen ingin mendorong tumbuh-kembangnya UMKM, apalagi dia sebelumnya duduk di Komisi B.

“Pokoke fokuse Inyong pengin ndorong UMKM Kang,” tambahnya. (Pokoknya fokus saya ingin mendorong UMKM mas…)

Bagi dia, para pejuang UMKM adalah senasib dan seperjuangan dengan dirinya. Dia mengaku gembira, pertumbuhan UMKM di Cilacap cukup pesat, dan harus benar-benar didukung semua pihak, baik eksekutif, legeslatif, maupun masyarakat itu sendiri.

Tanpa ada komitmen semuanya, lanjutnya, sulit bagi UMKM yang menjadi urat nadi ekonomi kerakyatan bisa tumbuh dan hidup.

Meski sudah jadi orang nomor 1 di DPRD Cilacap, mantan aktifis Barisan Ansor Serbaguna (BANSER) NU ini juga akan selalu menikmati hobinya yaitu mancing. Tentu ketika ada waktu dan tidak mengganggu tanggung jawabnya.

Komunikasi dengan semua pihak juga dibangun, termasuk aktif di jejaring sosial Facebook dengan nama akun Taswan Taswireja. “Nek pesbukan aku tetep, kanggo komunikasi,” ujarnya lagi.

Taswan saat naik bus tingkat Efisiensi dalam peresmian terminal CILACAP

Kini Taswan juga mengemban jabatan baru sebagai Ketua PERCASI (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) Kabupaten Cilacap. Yah, kecuali mancing, alumni SMA Muhammadiyah Sampang ini juga suka catur.

Dalam waktu dekat ia akan dilantik oleh Ketua PERCASI Jawa Tengah, Handojo Wibowo, yang juga orang Cilacap.

Menurut Handojo, pengusaha sukses pemilik Fave Hotel Cilacap dan PT Gelora, Taswan dipilih secara aklamasi saat Muscab beberapa waktu lalu, dan dia percaya lelaki asal Kawunganten itu bisa memimpin organisasi catur di Cilacap. (BNC/sumber FB Ansar Balasikh, dimuat atas ijin ybs)

Tentang Penulis

Leave A Response