Pengunjung Tidak Boleh Dekati Kawah Sileri Dieng dari Jarak 100 Meter

Ditulis 07 Jul 2017 - 05:42 oleh Banyumas1

BanyumasNews.com, WONOSOBO – Tingkat aktivitas Gunung Dieng pada periode pengamatan hingga pukul 18.00 WIB, Kamis (06/07/2017) berada pada level I (normal). Demikian dikatakan Bambang Giat Gunawan, dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG
Pos Pengamatan Gunungapi Dieng.

Gunung Dieng yang bertinggi 2565 mdpl, yang terletak di perbatasan Banjarnegara, Wonosobo, Batang,
Jawa Tengah, pada pengamatan kemarin bercuaca cerah, angin bertiup sedang ke arah timur. “Suhu udara di kisaran 12-23 °C”, kata Bambang.

Gunung juga tampak jelas, lanjutnya. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 30-60 m di atas kawah puncak.

Sementara itu dari sisi kegempaan, hembusan berjumlah 1 hembusan, dengan amplitudo 0.5 mm, durasi 26.5 detik.

Bambang menyampaikan rekomendasi agar masyarakat tidak melakukan aktivitas di kawah Timbang karena adanya ancaman bahaya gas CO2 dan H2S yang berbahaya bagi kehidupan. “Dan bagi wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata kawah disarankan tidak terlalu mendekat, sehubungan dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik di kawah Sileri”, tambahnya.

Masyarakat dan pengunjung diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan dengan tidak mendekati kawah Sileri pada jarak 100 meter dari bibir kawah Sileri.

Situasi pada saat Gunung Dieng menyemburkan asap magma

Pantauan kegempaan bisa diakses di https://magma.vsi.esdm.go.id/ (BNC/nan)

Tentang Penulis

Leave A Response